Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pembelajaran dan penelitian linguistik terapan secara mendalam, sebagai upaya untuk memperkaya pemahaman tentang peran linguistik dalam pendidikan dan pengembangan bahasa. Penulis menguraikan berbagai aspek kunci dalam linguistik terapan, seperti definisi dan cakupan bidang studi ini, perbedaan antara ahli bahasa dan guru bahasa, serta penerapan hasil penelitian linguistik dalam proses belajar mengajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai pendekatan dan metode dalam pembelajaran bahasa, seperti penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran drama, metode hypnoteaching untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, dan penerapan ranah kognitif taksonomi Bloom dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat (pantun). Buku ini juga membahas pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di sekolah dasar berdasarkan pandangan nativisme, yang menekankan peran guru dalam menggali dan memaksimalkan potensi peserta didik. Buku ini dirancang untuk membantu para pendidik, peneliti, dan calon guru dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip linguistik terapan dalam konteks pembelajaran bahasa, serta memberikan panduan praktis untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar yang efektif dan relevan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis teori, buku ini menjadi sumber referensi yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi dalam bidang linguistik terapan.
Teori linguistik terapan merupakan cabang linguistik yang memusatkan perhatian pada teori umum dan metode metode umum dalam penelitian bahasa Oleh karena itu linguistik terapan ini bisa diterapkan dalam segala bidang Salah satunya adalah bidang pendidikan Lebih khusus lagi dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa
Jumlah Halaman | 320 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-197-2 |
eISBN | proses |