Guru yang hebat siswa pun akan hebat Dibalik sosok guru ada siswa yang spesial Ketika siswa menjadi inspirasi bagi guru dijabarkan dengan gaya bertutur cerita tentang seluk beluk dan kisah mereka menemani para guru muda ini Bersama dengan anak anaklah guru transformatif ini menghabiskan banyak waktunya Tidak hanya di sekolah tapi juga di masyarakat setiap harinya Kegiatan istana anak yang dikemas dengan media bermain sekaligus belajar adalah rutinitas setiap sorenya Mengajarkan hijaiyah melalui kegiatan TPQ dan mengaji bersama belajar malam hingga sering pula tidur bersama anak anak di kala malamnya Itulah keseharian guru transformatif bersama anak didiknya selama bertugas Bahkan banyak pula para siswa siswinya yang memberikan kejutan dan inspirasi yang sangat berarti dalam setiap interaksinya Buku ini juga menceritakan tentang kegiatan para guru transformatif bersama dengan masyarakat Selain kegiatan utama sebagai guru 3P para guru transformatif ini juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kegiatan aktif lainnya seperti pendirian rumah pangan lestari membina pengajian majlis ta lim berkhutbah mengaji anak anak peringatan HUT RI maulid nabi dan serangkaian kegiatan lainnya di luar tugas pokoknya sebagai guru di sekolah Apa yang tertulis dalam buku ini merupakan kisah inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran berharga masukan dan nasihat bagi para pemangku kepentingan di negeri ini Tidak hanya bertutur mengenai kondisi permasalahan pendidikan di pelosok negeri tapi juga kearifan lokal serta potensi alam yang sangat kaya akan rempahnya Pulau Halmahera hingga dijuluki Pulau Rempah Lima Jejak di Pulau Rempah ini semoga menjadi catatan pengingat bagi para pengambil kebijakan di bidang pendidikan khususnya dan menjadi khazanah pengetahuan bagi kemajuan dan perbaikan mutu pendidikan Indonesia Bangga jadi guru guru berkarakter menggenggam Indonesia Guru yang hebat siswa pun akan hebat Dibalik sosok guru ada siswa yang spesial Ketika siswa menjadi inspirasi bagi guru dijabarkan dengan gaya bertutur cerita tentang seluk beluk dan kisah mereka menemani para guru muda ini Bersama dengan anak anaklah guru transformatif ini menghabiskan banyak waktunya Tidak hanya di sekolah tapi ...juga di masyarakat setiap harinya Kegiatan istana anak yang dikemas dengan media bermain sekaligus belajar adalah rutinitas setiap sorenya Mengajarkan hijaiyah melalui kegiatan TPQ dan mengaji bersama belajar malam hingga sering pula tidur bersama anak anak di kala malamnya Itulah keseharian guru transformatif bersama anak didiknya selama bertugas Bahkan banyak pula para siswa siswinya yang memberikan kejutan dan inspirasi yang sangat berarti dalam setiap interaksinya Buku ini juga menceritakan tentang kegiatan para guru transformatif bersama dengan masyarakat Selain kegiatan utama sebagai guru 3P para guru transformatif ini juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kegiatan aktif lainnya seperti pendirian rumah pangan lestari membina pengajian majlis ta lim berkhutbah mengaji anak anak peringatan HUT RI maulid nabi dan serangkaian kegiatan lainnya di luar tugas pokoknya sebagai guru di sekolah Apa yang tertulis dalam buku ini merupakan kisah inspiratif yang bisa dijadikan pelajaran berharga masukan dan nasihat bagi para pemangku kepentingan di negeri ini Tidak hanya bertutur mengenai kondisi permasalahan pendidikan di pelosok negeri tapi juga kearifan lokal serta potensi alam yang sangat kaya akan rempahnya Pulau Halmahera hingga dijuluki Pulau Rempah Lima Jejak di Pulau Rempah ini semoga menjadi catatan pengingat bagi para pengambil kebijakan di bidang pendidikan khususnya dan menjadi khazanah pengetahuan bagi kemajuan dan perbaikan mutu pendidikan Indonesia Bangga jadi guru guru berkarakter menggenggam Indonesia