Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003. Penulis menjelaskan bahwa untuk mewujudkan anak bangsa yang mampu bersaing secara nasional dan internasional, dibutuhkan upaya yang sistematis, sinergis, dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang dianggap efektif adalah melalui model pembelajaran yang berbasis sekolah, khususnya *lesson study*. *Lesson study* dijelaskan sebagai suatu model pembinaan profesi guru yang berbasis kolaborasi, berkelanjutan, dan berlandaskan prinsip kolegialitas serta mutual learning. Model ini bertujuan untuk membangun komunitas belajar yang mampu meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Buku ini juga membahas pengembangan *lesson study* berbasis MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan *lesson study* berbasis sekolah (LSBS), serta peran serta kontribusi dari berbagai lembaga pendidikan, seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Malang (UM), dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui proyek IMSTEP (Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project). Selain itu, buku ini juga menyajikan latar belakang pengembangan *lesson study* di Indonesia sejak tahun 1998, melalui kerja sama dengan JICA, serta upaya-upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas program pre-service di berbagai universitas dan sekolah. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi para guru, dosen, dan pembelajar yang tertarik pada pengembangan profesionalisme pendidik di era modern.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003. Penulis menjelaskan bahwa untuk mewujudkan anak bangsa yang mampu bersaing secara nasional dan internasional, dibutuhkan upaya yang sistematis, sinergis, dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang dianggap efektif adalah melalui model pembelajaran yang berbasis sekolah, khususnya *lesson study*. *Lesson study* dijelaskan sebagai suatu model pembinaan profesi guru yang berbasis kolaborasi, berkelanjutan, dan berlandaskan prinsip kolegialitas serta mutual learning. Model ini bertujuan untuk membangun komunitas belajar yang mampu meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Buku ini juga membahas pengembangan *lesson study* berbasis MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan *lesson study* berbasis sekolah (LSBS), serta peran serta kontribusi dari berbagai lembaga pendidikan, seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Malang (UM), dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui proyek IMSTEP (Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project). Selain itu, buku ini juga menyajikan latar belakang pengembangan *lesson study* di Indonesia sejak tahun 1998, melalui kerja sama dengan JICA, serta upaya-upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas program pre-service di berbagai universitas dan sekolah. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi para guru, dosen, dan pembelajar yang tertarik pada pengembangan profesionalisme pendidik di era modern.
Jumlah Halaman | 242 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bayu Media |
Tahun Terbit | 2011 |
ISBN | 978-602-8299-20-6 |
eISBN |