Sinopsis Buku: Buku *Lesson Study Meningkatkan Mutu Pembelajaran* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep, prinsip, langkah-langkah, serta manfaat dari *lesson study* dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Buku ini dirancang untuk mendukung profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era modern, khususnya di abad ke-21 yang ditandai oleh perubahan sosial, budaya, dan teknologi yang semakin cepat. Dalam buku ini, pembaca akan memperoleh penjelasan mengenai hakikat *lesson study*, yang merupakan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi, observasi, dan perencanaan pembelajaran yang terstruktur. Buku ini juga mengupas berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan *lesson study*, seperti unsur-unsur pendukung, panduan pelaksanaan *lesson study*, langkah-langkah merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta perangkat pendukung pembelajaran yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas tantangan yang dihadapi guru di abad ke-21, seperti kebutuhan untuk mengajar dalam masyarakat yang beragam, mendorong pembelajaran aktif, memanfaatkan teknologi, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Buku ini menekankan pentingnya guru yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga kreatif, adaptif, dan mampu bekerja sama untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis bukti, buku ini menjadi acuan yang relevan bagi para guru, pendidik, dan pelaku pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik bagi siswa.
Sinopsis Buku: Buku *Lesson Study Meningkatkan Mutu Pembelajaran* ini merupakan panduan komprehensif yang membahas konsep, prinsip, langkah-langkah, serta manfaat dari *lesson study* dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Buku ini dirancang untuk mendukung profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era modern, khususnya di abad ke-21 yang ditandai oleh perubahan sosial, budaya, dan teknologi yang semakin cepat. Dalam buku ini, pembaca akan memperoleh penjelasan mengenai hakikat *lesson study*, yang merupakan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi, observasi, dan perencanaan pembelajaran yang terstruktur. Buku ini juga mengupas berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan *lesson study*, seperti unsur-unsur pendukung, panduan pelaksanaan *lesson study*, langkah-langkah merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta perangkat pendukung pembelajaran yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas tantangan yang dihadapi guru di abad ke-21, seperti kebutuhan untuk mengajar dalam masyarakat yang beragam, mendorong pembelajaran aktif, memanfaatkan teknologi, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Buku ini menekankan pentingnya guru yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga kreatif, adaptif, dan mampu bekerja sama untuk menciptakan pembelajaran yang inklusif dan bermakna. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis bukti, buku ini menjadi acuan yang relevan bagi para guru, pendidik, dan pelaku pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik bagi siswa.
Jumlah Halaman | 150 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-781-3 |
eISBN |