Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan perjalanan lembaga pendidikan Islam Indonesia pada abad ke-20, yang merupakan periode kritis dalam perkembangan pendidikan Islam di tanah air. Penulis, Dr. Arief Subhan, memaparkan pergumulan antara modernisasi dan identitas dalam konteks pendidikan Islam, yang menjadi tantangan utama bagi lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Buku ini mengeksplorasi bagaimana lembaga pendidikan Islam berusaha menjaga identitasnya sekaligus beradaptasi dengan dinamika modernitas yang semakin menguasa. Dengan pendekatan historis, sosiologis, dan politis, buku ini memberikan analisis mendalam tentang peran pendidikan Islam dalam membentuk masyarakat Indonesia yang beragama dan modern. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan pemangku kepentingan dalam memahami evolusi pendidikan Islam di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan perjalanan lembaga pendidikan Islam Indonesia pada abad ke-20, yang merupakan periode kritis dalam perkembangan pendidikan Islam di tanah air. Penulis, Dr. Arief Subhan, memaparkan pergumulan antara modernisasi dan identitas dalam konteks pendidikan Islam, yang menjadi tantangan utama bagi lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, dan sekolah Islam. Buku ini mengeksplorasi bagaimana lembaga pendidikan Islam berusaha menjaga identitasnya sekaligus beradaptasi dengan dinamika modernitas yang semakin menguasa. Dengan pendekatan historis, sosiologis, dan politis, buku ini memberikan analisis mendalam tentang peran pendidikan Islam dalam membentuk masyarakat Indonesia yang beragama dan modern. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, peneliti, dan pemangku kepentingan dalam memahami evolusi pendidikan Islam di Indonesia.