Bagian ke Satu PROLOG Boleh putus sekolah asal tidak putus belajar Bahruddin Sistem pendidikan di negeri ini nyaris kehilangan ruhnya Demikian banyak wacana kritik dan koreksi dari berbagai kalangan namun belum juga menemukan formulasi yang tepat untuk memberdayakan pendidikan Kalau toh ada upaya perbaikan sering tidak produktif pada tataran aplikasi karena ujung ujungnya sebatas pada pembangunan fisik dan simbolsimbol bukan pada penguatan esensi dan substansi Menanggapi realitas keterpurukan pendidikan di tanah air tercinta ini kiranya kita semua tidak perlu sibuk mencari siapa kambing hitam nya biasanya Orde Baru yang dikambinghitamkan Karena kalau polemik mencari kambing hitam ini dibiarkan hanya akan menghabiskan energi yang berujung seperti teka teki anak anak mana yang lebih dahulu antara ayam dan telur Perdebatan yang tidak berpangkal dan tidak berujung Mungkin karena memang terlalu banyak kambing hitam di dunia 1Bagian ke Satu PROLOG Boleh putus sekolah asal tidak putus belajar Bahruddin Sistem pendidikan di negeri ini nyaris kehilangan ruhnya Demikian banyak wacana kritik dan koreksi dari berbagai kalangan namun belum juga menemukan formulasi yang tepat untuk memberdayakan pendidikan Kalau toh ada upaya perbaikan sering tidak produktif pada tataran aplikasi karena ...ujung ujungnya sebatas pada pembangunan fisik dan simbolsimbol bukan pada penguatan esensi dan substansi Menanggapi realitas keterpurukan pendidikan di tanah air tercinta ini kiranya kita semua tidak perlu sibuk mencari siapa kambing hitam nya biasanya Orde Baru yang dikambinghitamkan Karena kalau polemik mencari kambing hitam ini dibiarkan hanya akan menghabiskan energi yang berujung seperti teka teki anak anak mana yang lebih dahulu antara ayam dan telur Perdebatan yang tidak berpangkal dan tidak berujung Mungkin karena memang terlalu banyak kambing hitam di dunia 1