Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya perpustakaan sebagai cermin kualitas bangsa dalam konteks pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penulis menjelaskan bahwa perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai wadah yang mampu memfasilitasi akses dan pengembangan pengetahuan bagi setiap individu. Dalam buku ini, penulis mengupas dua aspek utama, yaitu kualitas dan kuantitas dalam pengelolaan perpustakaan, serta peran keingintahuan sebagai penggerak utama dalam proses belajar dan menuntut ilmu. Penulis menyoroti bahwa jumlah perpustakaan di Indonesia masih tergolong sedikit, terutama jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai 264 juta jiwa. Untuk itu, disarankan agar perpustakaan dapat tersebar di setiap sudut desa, RT/RW, bahkan di masing-masing rumah warga, sebagai bentuk komitmen bangsa terhadap ilmu pengetahuan. Selain itu, buku ini juga membahas perpustakaan di lingkungan keluarga sebagai bagian dari upaya membangun kebiasaan membaca dan belajar sejak dini. Buku ini juga menekankan bahwa perubahan dalam kualitas dan kuantitas perpustakaan tidak bisa dilakukan secara terpisah. Keduanya harus berjalan seiring dan saling mendukung agar bisa mencapai efektivitas maksimal dalam memperkaya pengetahuan dan membangun masyarakat yang berpengetahuan. Dengan memahami pentingnya perpustakaan dan memperkuat keingintahuan terhadap pengetahuan, kita dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas bangsa melalui peningkatan literasi dan akses informasi yang merata.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya perpustakaan sebagai cermin kualitas bangsa dalam konteks pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penulis menjelaskan bahwa perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai wadah yang mampu memfasilitasi akses dan pengembangan pengetahuan bagi setiap individu. Dalam buku ini, penulis mengupas dua aspek utama, yaitu kualitas dan kuantitas dalam pengelolaan perpustakaan, serta peran keingintahuan sebagai penggerak utama dalam proses belajar dan menuntut ilmu. Penulis menyoroti bahwa jumlah perpustakaan di Indonesia masih tergolong sedikit, terutama jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai 264 juta jiwa. Untuk itu, disarankan agar perpustakaan dapat tersebar di setiap sudut desa, RT/RW, bahkan di masing-masing rumah warga, sebagai bentuk komitmen bangsa terhadap ilmu pengetahuan. Selain itu, buku ini juga membahas perpustakaan di lingkungan keluarga sebagai bagian dari upaya membangun kebiasaan membaca dan belajar sejak dini. Buku ini juga menekankan bahwa perubahan dalam kualitas dan kuantitas perpustakaan tidak bisa dilakukan secara terpisah. Keduanya harus berjalan seiring dan saling mendukung agar bisa mencapai efektivitas maksimal dalam memperkaya pengetahuan dan membangun masyarakat yang berpengetahuan. Dengan memahami pentingnya perpustakaan dan memperkuat keingintahuan terhadap pengetahuan, kita dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas bangsa melalui peningkatan literasi dan akses informasi yang merata.
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | PT. Mediaguru Digital Indonesia |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-497-256-1 |
eISBN |