Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis untuk memudahkan pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa Madrasah Tsanawiah (MTs). Buku ini disusun berdasarkan kurikulum Madrasah 2013, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Materi dalam buku ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan reseptif dan produktif siswa dalam menggunakan Bahasa Arab sebagai alat komunikasi, baik secara lisan maupun tertulis. Buku ini terdiri dari beberapa langkah pembelajaran yang terstruktur, yaitu: Jenis Kelamin Kata Benda, Pembagian Kata Benda Berdasarkan Jumlah, Kata Kerja Dan Perubahannya, Katagori Kata Kerja Berdasarkan Huruf, Macam-Macam Huruf, Macam-Macam Huruf dan Kegunaannya, serta Penyusunan Kata. Selain itu, buku ini juga menyertakan kumpulan kata Bahasa Indonesia yang diambil dari kata Bahasa Arab, yang dapat menjadi referensi tambahan bagi siswa dalam memperkaya kosakata dan pemahaman terhadap Bahasa Arab. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan latihan-latihan yang bervariasi, seperti latihan ke-1 yang bertujuan untuk menentukan kata benda, kata kerja, dan huruf dalam kalimat-kalimat tertentu. Latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam menganalisis struktur dan penggunaan kata dalam Bahasa Arab. Dengan pendekatan yang sistematis dan mudah dipahami, buku ini menjadi sumber belajar yang efektif untuk membantu siswa dalam menguasai Bahasa Arab dengan lebih baik. Buku ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah maupun untuk belajar mandiri di rumah.
Pelajaran bahasa Arab terdiri atas empat komponen pembelajaran yaitu menyimak mendengarkan berbicara membaca dan menulis Keempat komponen tersebut dirangkaikan dalam satu tema sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa
Jumlah Halaman | 120 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-495-413-5 |
eISBN | proses |