Sinopsis Buku: Buku ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai kurikulum dan pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Buku ini membahas pelaksanaan kurikulum di Indonesia, adopsi kurikulum dari mancanegara, serta perkembangan kurikulum PAUD sepanjang waktu, mulai dari kurikulum tahun 1984 hingga kurikulum 2013. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang model dan metode pembelajaran yang diterapkan di satuan PAUD, seperti *Developmentally Appropriate Practice*, *Brain Based Learning*, dan pendekatan *Saintifik*. Buku ini menjelaskan pula tentang pengembangan dokumen kurikulum PAUD, termasuk penyusunan dokumen I dan dokumen II sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, buku ini juga membahas tentang praktik pengasuhan anak di PAUD, terutama untuk usia 0–18 bulan dan 18–36 bulan, serta pentingnya pendekatan kurikulum berbasis muatan lokal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Buku ini dilengkapi dengan informasi penting tentang peran kurikulum dalam mendukung perkembangan anak secara holistik, meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, serta bagaimana kurikulum dapat menjadi alat efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Buku ini sangat relevan sebagai referensi bagi para praktisi PAUD, pendidik, dan pelaku pendidikan di berbagai wilayah, terutama di daerah yang masih sulit dijangkau. Dengan penyajian yang terstruktur dan berbasis fakta, buku ini diharapkan dapat menjadi pelengkap dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan generasi yang lebih unggul dan berdaya saing.
Pelaksanaan kurikulum PAUD di Indonesia perlu menjadi perhatian bagi semua stakeholders pendidikan termasuk pendidik orang tua komite sekolah terlebih lagi pemerintah Adanya sinergi antara anggota pelaku pendidikan membuat kurikulum yang dijalankan di Indonesia akan berlangsung secara optimal Anak anak pada usia 0 6 tahun dapat belajar tanpa mengalami kesulitan yang berarti Daya serap otak anak usia dini berada pada titik optimal sehingga masa masa usia dini disebut juga dengan usia emas atau golden ages Sehingga pelaksanaan kurikulum yang ideal dalam satuan PAUD akan membantu mengoptimalkan perkembangan enam aspek pada anak yaitu nilai agama dan moral sik motorik kognitif sosial emosional bahasa dan seni Buku ini memberikan gambaran yang berkaitan dengan kurikulum dari bagaimana pelaksanaan kurikulum di Indonesia dan mancanegara perkembangan kurikulum di Indonesia strategi dan metode pembelajaran yang dilaksanakan di satuan PAUD Indonesia penyusunan dokumen kurikulum PAUD dan problematika kurikulum yang muncul dan masih diperbincangkan saat ini di Indonesia
Jumlah Halaman | 240 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-328-283-3 |
eISBN | Proses |