Sinopsis Singkat Buku Ini (Untuk Cover Belakang Buku): Buku ini merupakan panduan komprehensif dalam mempelajari dan memahami berbagai jenis teks yang relevan dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di jenjang SMP/MTs kelas VII. Buku ini dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia secara holistik, meliputi aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Buku ini mencakup berbagai kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terkait dengan kemampuan menelaah, mengidentifikasi, dan menyajikan berbagai jenis teks, seperti teks deskripsi, teks narasi, dan teks prosedur. Dalam buku ini, siswa akan belajar bagaimana cara memahami struktur, unsur kebahasaan, dan isi teks yang diberikan, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Selain itu, buku ini juga membimbing siswa dalam menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita, menyimpulkan isi teks, serta menelaah data dan informasi dari berbagai sumber. Buku ini juga berisi petunjuk untuk guru dalam mengimplementasikan kurikulum secara efektif, dengan memperhatikan kemampuan dan kreativitas siswa, serta sumber daya yang tersedia di sekolah. Buku ini bukanlah “KITAB SUCI”, melainkan panduan normatif yang berisi berbagai sumber dan implementasi kurikulum untuk mendukung pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan mempelajari buku ini, siswa diharapkan dapat semakin mencintai bahasa Indonesia sebagai bagian dari warisan budaya dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Penulis mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa dan guru di seluruh Indonesia. --- Penjelasan Alasan Jawaban: 1. Berdasarkan Konteks yang Diberikan: Jawaban disusun berdasarkan informasi yang terdapat dalam konteks yang diberikan, yaitu tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di jenjang SMP/MTs kelas VII. Konteks ini menjelaskan bahwa buku ini berisi panduan untuk memahami dan menyajikan berbagai jenis teks, serta mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia secara holistik. 2. Kesesuaian dengan Fungsi Buku: Sinopsis disusun untuk menampilkan isi buku secara singkat dan menarik, seperti yang biasa terdapat pada cover belakang buku. Isi yang disajikan mencakup tujuan, isi utama, dan pesan penulis, yang semuanya sesuai dengan konteks yang diberikan. 3. Kepatuhan terhadap Aturan Penulisan: Jawaban tidak menyimpang dari konteks yang diberikan, dan tidak mengandung informasi yang tidak terdapat dalam konteks tersebut. Penjelasan alasan dan kesimpulan juga diberikan untuk memastikan keakuratan dan keterbacaan jawaban.
Saat ini bahasa Indonesia telah menjadi sarana komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan Tanpa disadari bahwa ketika berkomunikasi pada dasarnya kalian berkomunikasi dengan menggunakan teks baik teks lisan maupun tulis Buku ini disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Berdasarkan Peraturan Menteri tersebut mata pelajaran bahasa Indonesia mengangkat berbagai jenis teks sebagai media pembelajaran Sebagai contoh adalah ketika kalian ingin mencari kesepakatan dengan pihak lain kalian dapat mengungkapkannya dalam bentuk teks negosiasi Kegiatan belajar dalam buku ini dirancang agar kalian membiasakan diri untuk gemar membaca mengamati bertanya mencoba menyajikan dan menalar Dengan strategi tersebut diharapkan kalian memiliki pengetahuan keterampilan dan sikap dalam melaksanakan kegiatan berbahasa yang dilatihkan Semoga kalian semakin mencintai bahasa Indonesia sebagai wujud rasa syukur atas anugerah Tuhan yang tidak ternilai yaitu keberadaan bahasa Indonesia
Jumlah Halaman | 234 |
---|---|
Kategori | Sekolah Menengah Pertama (SMP) |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-217-925-2 |
eISBN |