Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil pengalaman dan refleksi penulis dalam upaya meningkatkan proses belajar-mengajar di kelas, khususnya dalam pendalaman materi Bahasa Indonesia. Buku ini ditujukan bagi para guru yang menghadapi tantangan serupa, yaitu siswa yang merasa tidak percaya diri dalam mengungkapkan pemahaman mereka atau merasa tidak mampu menguasai materi pelajaran. Dalam buku ini, penulis memperkenalkan metode pembelajaran berbasis *Kunci Berbasis Argumentasi (KBA)* yang bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam, kritis, dan kreatif. Metode KBA ini mengintegrasikan diskusi kelompok dengan pembelajaran berbasis argumentasi, sehingga setiap soal tidak hanya dianalisis berdasarkan jawaban benar atau salah, tetapi juga dibahas secara menyeluruh dengan disertai alasan dan bukti yang didasarkan pada sumber belajar yang relevan. Dengan pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk membangun pemahaman secara mandiri, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dan berargumen. Buku ini juga menyajikan refleksi penulis mengenai perubahan positif yang terjadi pada peserta didik, baik secara akademik, sosial, maupun emosional. Penulis berharap buku ini dapat menjadi panduan dan referensi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkaya metode pengajaran yang digunakan di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil pengalaman dan refleksi penulis dalam upaya meningkatkan proses belajar-mengajar di kelas, khususnya dalam pendalaman materi Bahasa Indonesia. Buku ini ditujukan bagi para guru yang menghadapi tantangan serupa, yaitu siswa yang merasa tidak percaya diri dalam mengungkapkan pemahaman mereka atau merasa tidak mampu menguasai materi pelajaran. Dalam buku ini, penulis memperkenalkan metode pembelajaran berbasis *Kunci Berbasis Argumentasi (KBA)* yang bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam, kritis, dan kreatif. Metode KBA ini mengintegrasikan diskusi kelompok dengan pembelajaran berbasis argumentasi, sehingga setiap soal tidak hanya dianalisis berdasarkan jawaban benar atau salah, tetapi juga dibahas secara menyeluruh dengan disertai alasan dan bukti yang didasarkan pada sumber belajar yang relevan. Dengan pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan untuk membangun pemahaman secara mandiri, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dan berargumen. Buku ini juga menyajikan refleksi penulis mengenai perubahan positif yang terjadi pada peserta didik, baik secara akademik, sosial, maupun emosional. Penulis berharap buku ini dapat menjadi panduan dan referensi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkaya metode pengajaran yang digunakan di kelas.
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-901-8 |
eISBN |