ARTIKEL 1 MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN TALKING STICK Pembelajaran merupakan suatu proses yang dikemas agar aktivitas belajar dari pembelajar bisa berlangsung dengan baik Potensi peserta didik menjadi pusat perhatian utama agar proses itu berlangsung efektif seperti yang diinginkan Oleh karena itu semua kondisi dan situasi harus dipersiapkan melalui perencanaan pembelajaran yang optimal Pembelajaran haruslah dirancang Rancangan harus memperhatikan siapa yang belajar apa yang dipelajari bagaimana ia belajar dan kemampuan baru apa yang harus dicapai hasil belajar Pembelajaran harus menerapkan suatu taktik strategi agar pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan Apalagi untuk pelajaran matematika yang oleh mayoritas peserta didik dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami Kondisi seperti ini berjalan terus menerus dari tahun ke tahun dan menjadi suatu brand image bahwa matematika adalah pelajaran yang yang sangat menakutkan Kondisi tersebut terjadi karena beberapa faktor yaitu pertama matematika berisi formulasi formulasi yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi yang memerlukan kesabaran untuk mengerjakannya Kedua cerita yang turun temurun yang mengatakan matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga menjadi mental block dalam diri peserta didik yang menyebabkan peserta didik enggan untuk berupaya karena berapapun mereka berupaya mereka tidak akan berhasil Ketiga kesalahan guru matematika yang kurang memahami 1ARTIKEL 1 MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DAN TALKING STICK Pembelajaran merupakan suatu proses yang dikemas agar aktivitas belajar dari pembelajar bisa berlangsung dengan baik Potensi peserta didik menjadi pusat perhatian utama agar proses itu berlangsung efektif seperti yang diinginkan Oleh karena itu semua kondisi dan situasi harus dipersiapkan ...melalui perencanaan pembelajaran yang optimal Pembelajaran haruslah dirancang Rancangan harus memperhatikan siapa yang belajar apa yang dipelajari bagaimana ia belajar dan kemampuan baru apa yang harus dicapai hasil belajar Pembelajaran harus menerapkan suatu taktik strategi agar pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan Apalagi untuk pelajaran matematika yang oleh mayoritas peserta didik dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami Kondisi seperti ini berjalan terus menerus dari tahun ke tahun dan menjadi suatu brand image bahwa matematika adalah pelajaran yang yang sangat menakutkan Kondisi tersebut terjadi karena beberapa faktor yaitu pertama matematika berisi formulasi formulasi yang memerlukan pemikiran tingkat tinggi yang memerlukan kesabaran untuk mengerjakannya Kedua cerita yang turun temurun yang mengatakan matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga menjadi mental block dalam diri peserta didik yang menyebabkan peserta didik enggan untuk berupaya karena berapapun mereka berupaya mereka tidak akan berhasil Ketiga kesalahan guru matematika yang kurang memahami 1