Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan berbagai upaya dan inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi, dan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Indonesia. Dalam konteks global, buku ini juga menyoroti pentingnya literasi sebagai tolok ukur kualitas pendidikan sebuah negara, dengan mengacu pada hasil survei yang menempatkan Indonesia di bawah negara-negara ASEAN dalam hal literasi. Meskipun hasil survei tersebut bisa menjadi bad news jika tidak direspons dengan baik, buku ini menekankan bahwa hasil survei juga bisa menjadi good news jika dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi. Buku ini menjelaskan peran media digital, khususnya smartphone, dalam mempercepat akses terhadap bahan bacaan. Dengan jumlah pengguna smartphone yang terus meningkat, buku ini menawarkan solusi dengan menyediakan bahan bacaan yang didesain khusus untuk layar smartphone, sehingga lebih menarik dan mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai program dan gerakan literasi yang sedang berlangsung, seperti Program Pengiriman Buku Gratis yang diluncurkan oleh Baca Indonesia, Najwa Shihab, dan PT Pos Indonesia, serta Gerakan Literasi Sekolah yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan Nasional. Buku ini juga menyentuh pentingnya peran pemerintah dalam meningkatkan literasi, serta bagaimana partisipasi masyarakat dan organisasi pegiat literasi dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan minat baca di Indonesia. Dengan menggabungkan data, survei, dan berbagai inisiatif nyata, buku ini menjadi referensi yang relevan dan mendalam untuk memahami dinamika literasi dan pendidikan di Indonesia.
Jutaan orang bakal melintasi jalur padat sepanjang Pantai Utara Jawa mulai pekan pekan ini agar bisa ber Hari Raya di kampung Tapi eksodus Lebaran bukan semata mata cerita silaturahmi atau perjalanan pulang ke akar Inilah hari hari ketika kaum pri
Jumlah Halaman | 42 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0360-3 |