Logo Bacabuku
Konsep sosiologi pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun

Konsep sosiologi pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun

Mohammad Chodry, S.Pd.I., M.Pd.
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep-konsep sosiologi pendidikan Islam dari perspektif Ibnu Khaldun, dengan fokus pada beberapa aspek utama dalam dunia pendidikan, seperti tujuan pendidikan, kurikulum, peran guru, peserta didik, dan proses pembelajaran. Buku ini berupaya menjelaskan bagaimana pendidikan tidak hanya merupakan proses pengajaran, tetapi juga refleksi dari struktur sosial, politik, dan ekonomi dalam masyarakat. Dalam konteks sosial, buku ini menyoroti bahwa pendidikan merupakan alat yang digunakan oleh negara untuk mempertahankan sistem sosial yang ada, termasuk struktur kelas dan hubungan antar kelompok sosial. Pendekatan strukturalisme dalam buku ini menjelaskan bahwa guru, kurikulum, dan peserta didik adalah komponen utama dalam sistem pendidikan yang dipengaruhi oleh kekuasaan dan struktur sosial yang lebih luas. Selain itu, buku ini juga membahas pendekatan humanisme dalam pendidikan, yang menekankan bahwa peserta didik adalah subjek aktif dalam proses belajar, bukan hanya objek yang menerima pengetahuan. Pendekatan ini sejalan dengan pemikiran Paulo Freire yang menekankan pentingnya kesadaran kritis dan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang komprehensif dan kontekstual, buku ini dirancang untuk menjadi referensi yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, praktisi pendidikan, serta masyarakat umum yang tertarik memahami peran pendidikan dalam membentuk masyarakat yang lebih adil dan berkeadilan. Buku ini juga memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan bisa menjadi alat untuk mengubah struktur sosial dan membangun tatanan masyarakat yang lebih inklusif.

Sinopsis ebook

Sosiologi pendidikan memiliki peran dalam membantu mema hami perencanaan proses implementasi dan implikasi penerapan program maupun kebijakan dalam dunia pendidikan Sebagaimana peran sosiologi pada umumnya sosiologi pendidikan dapat mem berikan masukan sekaligus pencerahan serta menawarkan kepada setiap individu maupun kelompok mana saja yang tengah berusaha melakukan perubahan dalam penyelenggaraan proses pendidikan

Detail Buku

Jumlah Halaman 106
Kategori Pendidikan
Penerbit Literasi Nusantara Abadi
Tahun Terbit 2020
ISBN 978-623-7511-47-2
eISBN proses
Konsep sosiologi pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun

Konsep sosiologi pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun

Mohammad Chodry, S.Pd.I., M.Pd.