Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pemikiran pendidikan Paulo Freire dan upaya implementasinya dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam di Indonesia seringkali dianggap ketinggalan zaman, keterbelakangan, dan tidak berdaya, bahkan dianggap memiliki konotasi kemunduran. Namun, kenyataannya, banyak lembaga pendidikan Islam yang telah menunjukkan kemajuan. Buku ini berupaya mengkritik paradigma yang memandang pendidikan Islam sebagai subsistem yang selalu berada di posisi kedua dalam sistem pendidikan nasional, meskipun secara hukum pendidikan Islam merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Penulis menyoroti pentingnya pendidikan yang berbasis dialog, kritis, dan berdaya, yang sejalan dengan pemikiran Paulo Freire. Buku ini juga membahas asas dan komponen kurikulum pendidikan Islam, serta memberikan analisis terhadap upaya-upaya membangun konsep pendidikan Freire dalam konteks pendidikan Islam. Melalui telaah ini, buku ini berharap dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan Islam yang lebih modern, inklusif, dan berdaya saing.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pemikiran pendidikan Paulo Freire dan upaya implementasinya dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan Islam di Indonesia seringkali dianggap ketinggalan zaman, keterbelakangan, dan tidak berdaya, bahkan dianggap memiliki konotasi kemunduran. Namun, kenyataannya, banyak lembaga pendidikan Islam yang telah menunjukkan kemajuan. Buku ini berupaya mengkritik paradigma yang memandang pendidikan Islam sebagai subsistem yang selalu berada di posisi kedua dalam sistem pendidikan nasional, meskipun secara hukum pendidikan Islam merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Penulis menyoroti pentingnya pendidikan yang berbasis dialog, kritis, dan berdaya, yang sejalan dengan pemikiran Paulo Freire. Buku ini juga membahas asas dan komponen kurikulum pendidikan Islam, serta memberikan analisis terhadap upaya-upaya membangun konsep pendidikan Freire dalam konteks pendidikan Islam. Melalui telaah ini, buku ini berharap dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan Islam yang lebih modern, inklusif, dan berdaya saing.
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-482-891-2 |
eISBN |