Sinopsis Buku: Buku *Konsep Pembelajaran PAUD* ini merupakan buku ajar yang ditulis secara sistematis dan komprehensif, khusus untuk Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Buku ini disusun berdasarkan proses meta-analisis, elaborasi, dan kompilasi dari berbagai referensi serta buku-buku kecil yang pernah penulis susun sebelumnya. Isi buku ini dirangkai sesuai dengan kronologis tahun, dilengkapi dengan pemikiran tokoh-tokoh yang mewarnai konsep-konsep pembelajaran anak usia dini pada masa mereka hidup. Konsep *pedagogik* juga menjadi bagian penting dalam buku ini, diuraikan sesuai dengan peristiwa sejarah pendidikan anak yang terjadi pada masa periodisasi tokoh tersebut dalam mempraktikkan pemikirannya. Buku ini bertujuan menjadi referensi utama mata kuliah seperti *Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini*, *Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini*, *Kurikulum Anak Usia Dini*, *Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini*, serta *Desain Pembelajaran Anak Usia Dini*. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat menginspirasi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini. Buku ini menjadi penghargaan atas peran dan sumbangsih pemikiran para tokoh yang telah mempraktikkan pembelajaran bermakna pada anak usia dini, serta memiliki fungsi untuk membangun peradaban sebagai generasi penerus bangsa dan negara. Buku ini juga dilengkapi dengan pengantar dari Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., yang menyatakan bahwa kehadiran buku ini sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan mutu dan produktivitas serta memperkuat visi FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dengan demikian, buku ini tidak hanya memiliki nilai akademik yang tinggi, tetapi juga memiliki dampak sosial yang luas dalam konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku *Konsep Pembelajaran PAUD* ini merupakan buku ajar yang ditulis secara sistematis dan komprehensif, khusus untuk Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Buku ini disusun berdasarkan proses meta-analisis, elaborasi, dan kompilasi dari berbagai referensi serta buku-buku kecil yang pernah penulis susun sebelumnya. Isi buku ini dirangkai sesuai dengan kronologis tahun, dilengkapi dengan pemikiran tokoh-tokoh yang mewarnai konsep-konsep pembelajaran anak usia dini pada masa mereka hidup. Konsep *pedagogik* juga menjadi bagian penting dalam buku ini, diuraikan sesuai dengan peristiwa sejarah pendidikan anak yang terjadi pada masa periodisasi tokoh tersebut dalam mempraktikkan pemikirannya. Buku ini bertujuan menjadi referensi utama mata kuliah seperti *Teori Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini*, *Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini*, *Kurikulum Anak Usia Dini*, *Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini*, serta *Desain Pembelajaran Anak Usia Dini*. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat menginspirasi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini. Buku ini menjadi penghargaan atas peran dan sumbangsih pemikiran para tokoh yang telah mempraktikkan pembelajaran bermakna pada anak usia dini, serta memiliki fungsi untuk membangun peradaban sebagai generasi penerus bangsa dan negara. Buku ini juga dilengkapi dengan pengantar dari Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., yang menyatakan bahwa kehadiran buku ini sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan mutu dan produktivitas serta memperkuat visi FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dengan demikian, buku ini tidak hanya memiliki nilai akademik yang tinggi, tetapi juga memiliki dampak sosial yang luas dalam konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Jumlah Halaman | 213 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Rosda |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-446-109-6 |
eISBN | 978-602-446-208-6 |