Sinopsis Buku: Buku *Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk SD/MI* ini merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk memperkaya pemahaman siswa SD/MI tentang konsep dasar IPS. Buku ini menyajikan materi secara terstruktur dan mudah dipahami, dengan fokus pada konsep-konsep inti dalam IPS seperti sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sosiologi. Penulis mengemas materi ini secara psikologis, pedagogis, dan sosial budaya untuk memastikan bahwa isi buku dapat diterima secara efektif oleh siswa dalam konteks pendidikan dasar. Buku ini juga menjelaskan posisi IPS dalam kurikulum, beban belajar, kompetensi dasar, serta ruang lingkup kajian ilmu sosial. Penjelasan ini dirancang agar para guru, calon guru, dan pemerhati pendidikan dapat memahami dan mengaplikasikan konsep IPS secara tepat dalam proses belajar mengajar. Dengan pendekatan yang sederhana namun mendalam, buku ini bertujuan untuk memperkaya pemahaman siswa tentang dunia sosial sekaligus mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.
IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan Implikasinya berbagai tradisi da
Jumlah Halaman | 383 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Garudhawaca |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-7949-81-2 |
eISBN | proses |