Buku ini berisi beberapa bab Bab pertama membahas mengenai Hakikat Akal dan Metode Berpikir Bab kedua membahas mengenai Definisi Belajar dan Pembelajaran Bab ketiga membahas mengenai Desain dan Model model Pembelajaran Sedangkan Bab keempat membahas mengenai Definisi dan Macam Macam Metode Pembelajaran Akal merupakan perpindahan dari hasil penginderaan terhadap fakta melalui panca indera kemudian diteruskan ke dalam otak yang disertai dengan pengaitan antara fakta yang diperoleh dengan informasi sebelumnya yang akan digunakan untuk menerjemahkan fakta tersebut sehingga menghasilkan akal Akal yang sehat diperlukan untuk kegiatan belajar Belajar sebagai suatu kebutuhan yang penting karena pesatnya kemajuan iptek yang dapat memunculkan berbagai arus perubahan yang terjadi di seluruh aspek kehidupan manusia Tanpa manusia melakukan kegiatan belajar manusia akan sulit dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya dan berbagai tuntutan hidup yang senantiasa mengikuti perubahan zaman yang kian modern Upaya pemahaman mengenai belajar tersebut akan dijelaskan definisi mengenai belajar yaitu belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku karena adanya pengalaman serta pelatihan Adapun belajar dapat tersistematis berdasarkan kaidah kaidah tertentu dan dilaksanakan secara luas dan berkelompok disebut dengan pembelajaran Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Istilah pembelajaran tersebut sudah mulai dikenal secara luas oleh masyarakat terlebih pada saat dikeluarkannya UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dikeluarkan secara legal untuk memberikan definisi mengenai pembelajaran Pembelajaran juga sebagai konsep pedagogic pengajaran secara teknis dapat dimaknai sebagai usaha yang tersistematis dan sistemik untuk membangun lingkungan belajar yang baik dan memunculkan potensi untuk dapat menciptakan proses belajar yang bersumber pada berkembangnya segala daya individu sebagai pelajar Buku ini berisi beberapa bab Bab pertama membahas mengenai Hakikat Akal dan Metode Berpikir Bab kedua membahas mengenai Definisi Belajar dan Pembelajaran Bab ketiga membahas mengenai Desain dan Model model Pembelajaran Sedangkan Bab keempat membahas mengenai Definisi dan Macam Macam Metode Pembelajaran Akal merupakan perpindahan dari hasil penginderaan terhadap fakta ...melalui panca indera kemudian diteruskan ke dalam otak yang disertai dengan pengaitan antara fakta yang diperoleh dengan informasi sebelumnya yang akan digunakan untuk menerjemahkan fakta tersebut sehingga menghasilkan akal Akal yang sehat diperlukan untuk kegiatan belajar Belajar sebagai suatu kebutuhan yang penting karena pesatnya kemajuan iptek yang dapat memunculkan berbagai arus perubahan yang terjadi di seluruh aspek kehidupan manusia Tanpa manusia melakukan kegiatan belajar manusia akan sulit dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya dan berbagai tuntutan hidup yang senantiasa mengikuti perubahan zaman yang kian modern Upaya pemahaman mengenai belajar tersebut akan dijelaskan definisi mengenai belajar yaitu belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku karena adanya pengalaman serta pelatihan Adapun belajar dapat tersistematis berdasarkan kaidah kaidah tertentu dan dilaksanakan secara luas dan berkelompok disebut dengan pembelajaran Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Istilah pembelajaran tersebut sudah mulai dikenal secara luas oleh masyarakat terlebih pada saat dikeluarkannya UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dikeluarkan secara legal untuk memberikan definisi mengenai pembelajaran Pembelajaran juga sebagai konsep pedagogic pengajaran secara teknis dapat dimaknai sebagai usaha yang tersistematis dan sistemik untuk membangun lingkungan belajar yang baik dan memunculkan potensi untuk dapat menciptakan proses belajar yang bersumber pada berkembangnya segala daya individu sebagai pelajar