Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep belajar tuntas dari perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Penulis menjelaskan bahwa belajar tuntas bukan hanya sekadar proses transfer pengetahuan, tetapi merupakan upaya untuk memanusiakan peserta didik melalui interaksi edukatif yang terencana dan bermakna. Dalam pendekatan ini, penulis menggabungkan dua pendekatan utama, yaitu pendekatan *naqliyah* yang berlandaskan teks wahyu Al-Qur’an dan hadis, serta pendekatan *aqliyah* yang mengacu pada konsep pendidikan secara umum yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Buku ini juga mengupas peran guru dan siswa dalam proses belajar mengajar sebagai dua pihak yang saling berinteraksi dan berkontribusi secara aktif dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berlandaskan teori pendidikan Islam, buku ini menjadi acuan penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan pendidikan, dan calon guru dalam mewujudkan pendidikan yang bermakna dan berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep belajar tuntas dari perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Penulis menjelaskan bahwa belajar tuntas bukan hanya sekadar proses transfer pengetahuan, tetapi merupakan upaya untuk memanusiakan peserta didik melalui interaksi edukatif yang terencana dan bermakna. Dalam pendekatan ini, penulis menggabungkan dua pendekatan utama, yaitu pendekatan *naqliyah* yang berlandaskan teks wahyu Al-Qur’an dan hadis, serta pendekatan *aqliyah* yang mengacu pada konsep pendidikan secara umum yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Buku ini juga mengupas peran guru dan siswa dalam proses belajar mengajar sebagai dua pihak yang saling berinteraksi dan berkontribusi secara aktif dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berlandaskan teori pendidikan Islam, buku ini menjadi acuan penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan pendidikan, dan calon guru dalam mewujudkan pendidikan yang bermakna dan berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 72 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-442-6 |
eISBN |