Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, teori, dan aplikasi bimbingan dan konseling berbasis evaluasi dan supervisi, dengan fokus pada upaya mencetak siswa yang berprestasi dan memiliki kepribadian mulia. Buku ini menjelaskan secara rinci tentang evaluasi bimbingan konseling sebagai bagian integral dari proses penentuan arah pelaksanaan tujuan pendidikan, serta pentingnya evaluasi dalam menilai keberhasilan program bimbingan konseling yang dilakukan guru bimbingan konseling. Evaluasi dilakukan melalui pengumpulan, pengolahan, dan analisis data sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep supervisi bimbingan konseling sebagai bentuk pengawasan, penilaian, dan pembinaan yang diberikan kepada konselor atau guru bimbingan konseling di sekolah. Supervisi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan konseling dan memastikan terlaksananya pelayanan secara tepat. Supervisi juga berkaitan dengan kelanjutan pendidikan siswa dan merupakan hubungan keterikatan antara supervisor dan guru bimbingan konseling. Buku ini juga menjelaskan tahapan-tahapan bimbingan konseling, seperti menentukan masalah, pengumpulan dan analisis data, diagnosis, pemberian bantuan, terapi, serta evaluasi hasil konseling. Selain itu, buku ini menyajikan berbagai cara dalam membimbing siswa, seperti membantu siswa memahami perilaku seksual, menata moral dan etika, mengalihkan perhatian dari rokok, miras, dan narkoba, serta membimbing dan memotivasi siswa yang memiliki prestasi rendah. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang komprehensif bagi para guru bimbingan konseling, calon guru, dan semua pihak yang tertarik dalam memahami dan menerapkan bimbingan konseling dalam ranah pendidikan.
Buku ini hadir sebagai pedoman bagi para guru bimbingan konseling guna mengubah sifat dan kebiasaan siswa agar jadi siswa berprestasi dan berkepribadian mulia Di dalamnya menjelaskan secara lengkap tentang evaluasi dan konsep supervisi peran bimbingan konseling dalam memotivasi belajar siswa sehingga meraih prestasi sesuai harapan Dilengkapi cara praktis buku ini dapat diaplikasikan guru bimbingan konseling dalam membimbing dan mendampingi siswa untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sehingga meraih prestasi yang diinginkan dan memiliki kepribadian mulia yang saat ini menjadi pekerjaan berat para guru utamanya bagi guru bimbingan konseling
Jumlah Halaman | 226 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | CV. ABADI SELARAS KARYA (ARASKA) |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-7573-96-0 |
eISBN | - |