Pemahaman terhadap teks hadis hadis dielaborasi beberapa tema berkaitan dengan komunikasi terapeutik yaitu setiap musibah mengandung hikmah bahwa sakit bukan karena murka Tuhan para nabi lebih menderita butuh kesabaran tinggi menjalani sakit pasien tidak boleh berputus asa setiap penyakit ada obatnya namun perlu usaha melindungi diri dari penyakit dan pasien harus optimis Kemudian tenaga medis harus memperhatikan etika pelayanan ucapannya menyenangkan memberi arahan kepada pasien agar mematuhi ketentuan medis menjaga ruhaniah pasien menyentuh pasien mendengarkan keluhan pasien mendoakan pasien membangun kepercayaan pasien melakukan komunikasi humanis sesama tenaga medis harus menunjukkan kekompakan melakukan pelayanan yang memuasakan dan penuh rasa ketakwaan kepada Tuhan memahami prinsip pasien memberikan pelayanan ekstra saat pandemi menghindari karakter dukun mengantisipasi fenomena bunuh diri memberikan penjelasan sebelum penanganan treatment cekatan memperingatkan pasien agar konsisten berobat secara legal Selanjutnya terkait faktor pendukung keberlangsungan pelayanan yang baik adalah jauhkan pasien dari kebisingan berikan makanan yang memantik selera pasien ciptakan suasana nyaman dan jadilah rumah sakit ideal Pemahaman terhadap teks hadis hadis dielaborasi beberapa tema berkaitan dengan komunikasi terapeutik yaitu setiap musibah mengandung hikmah bahwa sakit bukan karena murka Tuhan para nabi lebih menderita butuh kesabaran tinggi menjalani sakit pasien tidak boleh berputus asa setiap penyakit ada obatnya namun perlu usaha melindungi diri dari penyakit dan pasien harus ...optimis Kemudian tenaga medis harus memperhatikan etika pelayanan ucapannya menyenangkan memberi arahan kepada pasien agar mematuhi ketentuan medis menjaga ruhaniah pasien menyentuh pasien mendengarkan keluhan pasien mendoakan pasien membangun kepercayaan pasien melakukan komunikasi humanis sesama tenaga medis harus menunjukkan kekompakan melakukan pelayanan yang memuasakan dan penuh rasa ketakwaan kepada Tuhan memahami prinsip pasien memberikan pelayanan ekstra saat pandemi menghindari karakter dukun mengantisipasi fenomena bunuh diri memberikan penjelasan sebelum penanganan treatment cekatan memperingatkan pasien agar konsisten berobat secara legal Selanjutnya terkait faktor pendukung keberlangsungan pelayanan yang baik adalah jauhkan pasien dari kebisingan berikan makanan yang memantik selera pasien ciptakan suasana nyaman dan jadilah rumah sakit ideal