Sinopsis Buku: Buku *KOMUNIKASI PENDIDIKAN: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran* ini ditulis untuk menjawab tantangan pentingnya keterampilan berkomunikasi bagi guru dan pendidik. Buku ini menjelaskan konsep-konsep dasar komunikasi, termasuk pengertian, pentingnya, komponen, konteks, dan fungsi komunikasi, serta menganalisis hakikat komunikasi dalam pendidikan. Selain itu, buku ini juga membahas peran bahasa, logika, serta komunikasi verbal dan nonverbal dalam proses pembelajaran. Dalam bab-bab berikutnya, buku ini menyajikan format interaksi komunikasi dalam pembelajaran, kesantunan berkomunikasi, dan teknik public speaking yang relevan bagi pendidik dan peserta didik. Buku ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran di kelas, serta mencegah konflik sosial yang mungkin terjadi akibat komunikasi yang tidak efektif. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, calon pendidik, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan kompetensi komunikasi dalam konteks pendidikan.
Buku ini ditulis untuk menjawab tantangan pentingnya keterampilan berkomunikasi bagi guru pendidik Masih banyak ditemui keluhan orangtua dan permasalahan di sekolah yang disebabkan oleh rendahnya kualitas berkomunikasi guru Permasalahan ini tidak saja akan merugikan peserta didik dan pendidik tapi juga bisa menyebabkan masalah lain yang lebih serius seperti memburuknya hubungan sosial bahkan sampai pada terjadinya konflik fisik Tentunya hal ini akan menurunkan kualitas pembelajaran dan mengancam tujuan pembelajaran Secara umum buku teks Komunikasi Pendidikan ini terdiri dari enam bab Bab I membahas tentang Pengantar Komunikasi Bab II Hakikat Komunikasi Pendidikan Adapun Bab III membahas tentang Bahasa Logika serta Komunikasi Verbal dan Nonverbal Lalu Bab IV Format Interaksi Komunikasi dalam Pembelajaran Bab V Kesantunan Berkomunikasi dalam Pembelajaran dan Bab VI menyajikan topik Teknik Public Speaking untuk Pendidik dan Peserta Didik