Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang berbagai aspek komunikasi dalam dunia bisnis, yang merupakan kunci utama dalam menjalankan aktivitas bisnis secara efektif dan profesional. Mulai dari pengantar dasar komunikasi, hingga penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis, buku ini memberikan penjelasan yang jelas dan terstruktur untuk membantu pembaca memahami pentingnya komunikasi dalam berbagai konteks bisnis. Dalam bab-babnya, buku ini menjelaskan konsep-konsep seperti proses komunikasi, model komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, serta hubungan ilmu komunikasi dengan bidang-bidang lainnya. Selanjutnya, buku ini juga membahas komunikasi dalam organisasi, termasuk penyaluran ide, pola komunikasi, hambatan dalam komunikasi, dan klasifikasi komunikasi dalam organisasi. Selain itu, buku ini menjelaskan teknologi komunikasi dan informasi bisnis, termasuk peran strategis teknologi informasi dan komunikasi, fungsi internet dalam dunia informasi dan komunikasi, serta dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi. Buku ini juga menyoroti pentingnya komunikasi lintas budaya, termasuk perbedaan antara komunikasi lintas budaya dan komunikasi antar budaya, simbol dan bahasa dalam komunikasi antar budaya, etnosentrisme, serta perbedaan budaya tinggi dan budaya rendah. Buku ini juga membahas komunikasi tertulis, seperti penulisan surat edaran, memo, surat pengumuman, dan surat disposisi; penulisan direct request, good news, dan bad news; serta strategi penulisan untuk permintaan rutin, seperti surat undangan, pesanan, dan reservasi. Terakhir, buku ini memberikan panduan tentang penulisan laporan bisnis dan proposal bisnis, serta teknik presentasi yang efektif. Buku ini sangat cocok sebagai bahan ajar dan referensi bagi mahasiswa, serta masyarakat umum yang ingin memahami dan mengembangkan kemampuan komunikasi dalam dunia bisnis. Dengan berbagai bab yang terstruktur dan penjelasan yang jelas, buku ini memberikan wawasan yang mendalam dan praktis bagi pembaca yang ingin meningkatkan kompetensi dalam komunikasi bisnis.
Pembahasan dalam buku ini dimulai secara berurutan dari Bab 1 Pengantar Komunikasi Bab 2 Komunikasi dalam Organisasi bab 3 Teknologi komunikasi dan Informasi Bisnis Bab 4 Komunikasi Lintas Budaya Bab 5 Komunikasi Tertulis Bab 6 Pengelolaan Rapat dan Kelompok Kecil Bab 7 Penulisan Laporan Bisnis dan Proposal Bisnis Bab 8 Teknik Presentasi Bab 9 Komunikasi Nonjurnalistik Bab 10 Penanganan Keluhan Pelanggan Handling complain
Jumlah Halaman | 192 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Pustaka Baru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-7056-96-1 |
eISBN |