Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya literasi dalam konteks kehidupan masyarakat modern, terutama di tengah pergeseran media bacaan dari cetak ke digital. Penulis menjelaskan bahwa survei literasi tidak hanya menjadi indikator kualitas pendidikan sebuah negara, tetapi juga menjadi sarana untuk memperbaiki kondisi literasi nasional. Finlandia menjadi contoh negara yang memiliki literasi tinggi dan dianggap memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Dalam upaya meningkatkan minat baca dan akses terhadap bahan bacaan, berbagai inisiatif telah diluncurkan oleh pemerintah, organisasi, dan lembaga swadaya masyarakat. Contohnya adalah program pengiriman buku gratis yang diselenggarakan oleh Duta Baca Indonesia, serta gerakan literasi sekolah dan komunitas seperti GPMB di Yogyakarta dan program street library di Bandung. Selain itu, pemanfaatan teknologi seperti smartphone dan e-book juga dianggap sebagai solusi efektif untuk meningkatkan akses dan kenyamanan dalam membaca. Buku ini juga menyajikan berbagai kategori e-book yang dirancang khusus untuk dibaca di smartphone, seperti kesehatan, pendidikan, budaya, politik, dan hiburan, sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam mengakses sumber bacaan. Dengan adanya kemudahan akses, literasi menjadi lebih mudah dicapai, terutama di tengah tuntutan zaman yang semakin digital. Selain itu, buku ini juga menyentuh isu-isu politik dan sosial terkini, seperti peran elite politik dalam kandidasi presiden, serta upaya konsensus dan kompromi dalam proses demokrasi. Dengan pendekatan yang informatif dan terstruktur, buku ini menjadi panduan yang relevan untuk memahami tantangan dan peluang dalam meningkatkan literasi dan minat baca di Indonesia.
Mega juga mewanti wanti agar PDI P bersikap rendah hati dan santun Karena itu pulalah kata sumber TEMPO kenapa misalnya mereka menggunakan kata ldquo peringatan rdquo ketimbang ldquo memorandum rdquo seperti fraksi lainnya ldquo Tapi sikap
Jumlah Halaman | 62 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Tempo Publishing |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-05-0823-3 |