Sinopsis Buku: Buku ini merupakan kompilasi dari berbagai penelitian yang berfokus pada bidang pendidikan Islam, khususnya melalui perspektif filsafat ilmu. Buku ini menggabungkan beberapa penelitian penting, antara lain: 1. Implementasi model karantina tahfidz dalam pengembangan kegiatan tahfidz di asrama Tahfidz Yogyakarta. 2. Penguatan filsafat ilmu melalui nilai-nilai universal yang diambil dari Al-Qur’an. 3. Metode pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah berbasis pesantren Yogyakarta. 4. Kontribusi gerakan literasi dengan tahfidz, yang semakin menjadi tren di Indonesia, terutama sejak adanya acara Hafizh Indonesia yang disiarkan oleh stasiun televise swasta. Buku ini juga membahas pentingnya tahfidz (menghafal Al-Qur’an) dalam konteks pendidikan, baik secara spiritual maupun akademik. Penulis menjelaskan bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki keutamaan di dunia dan di akhirat, sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad saw. Selain itu, buku ini juga menyoroti peran manusia dalam pemeliharaan Al-Qur’an, khususnya melalui para penghafal yang menjadi penjaga dan pengamal wahyu. Dengan pendekatan yang ilmiah dan kritis, buku ini memberikan wawasan mendalam tentang peran pendidikan Islam dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan, moral, dan akhlak, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pendidikan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an.
Buku ini merupakan karya kompilasi dari beberapa penelitian yaitu 1 implementasi model karantina tahfidz studi analisis santri baru di asrama Tahfidz Yogyakarta 2 penguatan filsafat ilmu melalui nilai nilai universal perspektif AlQur
Jumlah Halaman | 106 |
---|---|
Kategori | Filsafat |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-268-9 |
eISBN | proses |