Proses mendirikan pondok pesantren di pedesaan seringkali kompleks dan sulit dilakukan secara mandiri Terbatasnya sumber daya minimnya dukungan masyarakat serta berbagai kendala lainnya membuat upaya ini menjadi tantangan yang nyata Oleh karena itu diperlukan kolaborasi yang kuat dengan lembaga pendidikan lain seperti sekolah sekolah formal untuk mencapai tujuan bersama Berkolaborasi dengan sekolah sekolah formal menjadi alternatif yang menarik untuk diinisiasi Mengalihkan muridmurid sekolah untuk belajar agama di sore hari di madrasah dapat menjadi solusi dalam membangun sinergi positif antara pendidikan formal dan pendidikan agama Dalam buku ini kami menguraikan upaya kolaborasi antara sekolah dan madrasah sebagai strategi merintis pondok pesantren di pedesaan Buku ini membahas tantangan yang dihadapi upayaupaya yang dilakukan serta harapan harapan untuk menciptakan lembaga pendidikan Islam yang berkualitas di tengah tengah masyarakat pedesaan Proses mendirikan pondok pesantren di pedesaan seringkali kompleks dan sulit dilakukan secara mandiri Terbatasnya sumber daya minimnya dukungan masyarakat serta berbagai kendala lainnya membuat upaya ini menjadi tantangan yang nyata Oleh karena itu diperlukan kolaborasi yang kuat dengan lembaga pendidikan lain seperti sekolah sekolah formal untuk mencapai tujuan bersama Berkolaborasi dengan ...sekolah sekolah formal menjadi alternatif yang menarik untuk diinisiasi Mengalihkan muridmurid sekolah untuk belajar agama di sore hari di madrasah dapat menjadi solusi dalam membangun sinergi positif antara pendidikan formal dan pendidikan agama Dalam buku ini kami menguraikan upaya kolaborasi antara sekolah dan madrasah sebagai strategi merintis pondok pesantren di pedesaan Buku ini membahas tantangan yang dihadapi upayaupaya yang dilakukan serta harapan harapan untuk menciptakan lembaga pendidikan Islam yang berkualitas di tengah tengah masyarakat pedesaan