Selama ini proses pembelajaran di kelas sepenuhnya masih menjadi otoritas guru Hampir tidak ada pihak luar yang memperhatikan serta mencermati pelaksanaan pembelajaran guru di hadapan siswanya Bahkan sering dikatakan bahwa pekerjaan guru adalah merupakan profesi yang tidak dapat dilihat oleh orang lain kecuali klien siswa Oleh karena itu walaupun kepala sekolah madrasah dan pengawas supervisor memiliki kewenangan untuk monitoring dan menilai kinerja guru dalam pembelajaran namun hal ini kurang maksimal dilakukan Kondisi demikian tentu tidak mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan yang ruhnya terletak pada interaksi antara guru dan siswa di kelas Akuntabilitas guru menjadi kurang Pada mata pelajaran tertentu yang tidak termasuk materi ujian akhir bahkan dikesankan lebih santai lagi Pembelajaran yang aktif kreatif efektif menyenangkan dan bermakna bagi kehidupan siswa masih jauh dari harapan Dalam kondisi demikian peran pengawas sangat diharapkan Pengawas harus berfungsi sebagai instrumen quality controll dalam proses pendidikan pembelajaran bimbingan Kualitas tidak hanya pada dimensi ketercapaian target materi dan nilai ujian siswa tapi juga kebermaknaan proses pembelajaran Buku ini disusun sebagai bekal bagi pengawas Kepala Tim Supervisor Sekolah Madrasah sukses dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran bimbingan oleh para guru dengan strategi Sersan satu Comando Selamat membaca Selama ini proses pembelajaran di kelas sepenuhnya masih menjadi otoritas guru Hampir tidak ada pihak luar yang memperhatikan serta mencermati pelaksanaan pembelajaran guru di hadapan siswanya Bahkan sering dikatakan bahwa pekerjaan guru adalah merupakan profesi yang tidak dapat dilihat oleh orang lain kecuali klien siswa Oleh karena itu walaupun kepala sekolah ...madrasah dan pengawas supervisor memiliki kewenangan untuk monitoring dan menilai kinerja guru dalam pembelajaran namun hal ini kurang maksimal dilakukan Kondisi demikian tentu tidak mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan yang ruhnya terletak pada interaksi antara guru dan siswa di kelas Akuntabilitas guru menjadi kurang Pada mata pelajaran tertentu yang tidak termasuk materi ujian akhir bahkan dikesankan lebih santai lagi Pembelajaran yang aktif kreatif efektif menyenangkan dan bermakna bagi kehidupan siswa masih jauh dari harapan Dalam kondisi demikian peran pengawas sangat diharapkan Pengawas harus berfungsi sebagai instrumen quality controll dalam proses pendidikan pembelajaran bimbingan Kualitas tidak hanya pada dimensi ketercapaian target materi dan nilai ujian siswa tapi juga kebermaknaan proses pembelajaran Buku ini disusun sebagai bekal bagi pengawas Kepala Tim Supervisor Sekolah Madrasah sukses dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran bimbingan oleh para guru dengan strategi Sersan satu Comando Selamat membaca