Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis bagi para pendidik, guru, tutor, dan dosen dalam meraih hibah penelitian pengembangan. Dalam buku ini, penulis menyajikan berbagai kiat sukses yang dapat menjadi acuan dalam proses pengajuan dan pelaksanaan penelitian pengembangan. Mulai dari pemahaman tentang hak cipta, hukum terkait, sanksi pelanggaran, hingga pembuatan proposal yang sistematis dan menarik. Selain itu, buku ini juga membahas secara mendalam tentang konsep penelitian pengembangan, keunggulan dan kelemahannya, tahapan penelitian yang harus dilalui, serta contoh-contoh judul penelitian yang relevan. Penulis juga memberikan tips praktis dalam melaksanakan penelitian pengembangan agar dapat berjalan efektif dan efisien. Buku ini ditulis dengan harapan dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi para pendidik untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan. Dengan memperkaya literasi di bidang inovasi pembelajaran, buku ini diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.
Penelitian pengembangan dalam pendidikan adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk produk yang digunakan dalam pendidikan atau pembelajaran Gall Borg and Gall 2003 Langkah langkah dari proses ini biasanya disebut sebagai siklus penelitian pengembangan yang terdiri dari mempelajari temuan penelitian yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan mengembangkan produk berdasarkan temuan ini bidang pengujian dalam pengaturan di mana ia akan digunakan akhirnya dan merevisinya untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap mengajukan pengujian Dalam program yang lebih ketat dari penelitian pengembangan siklus ini diulang sampai bidang data uji menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi tujuan perilaku didefinisikan Dalam bidang pendidikan produk produk yang dihasilkan melalui penelitian pengembangan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pendidikan yaitu lulusan yang jumlahnya banyak berkualitas dan relevan dengan kebutuhan Produk produk pendidikan yang dihasilkan dapat berupa kurikulum yang spesifik untuk keperluan pendidikan tertentu metode mengajar media pendidikan buku ajar modul kompetensi tenaga kependidikan sistem evaluasi model uji kompetensi penataan ruang kelas untuk model pembelajar tertentu model unit produksi model manajemen sistem pembinaan pegawai sistem penggajian dan lain lain Sugiyono 2010
Jumlah Halaman | 135 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-401-934-1 |
eISBN |