Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya disiplin siswa dalam konteks pendidikan yang semakin kompleks dan dinamis di era globalisasi. Disiplin dianggap sebagai fondasi yang mendasar dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, dan bertakwa. Buku ini menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan disiplin siswa, termasuk pengaruh negatif dari lingkungan sosial dan media massa yang tidak sehat. Selain itu, buku ini juga menyajikan informasi mengenai perlindungan hak cipta berdasarkan UU No. 28 Tahun 2014, termasuk fungsi, sifat, dan pembatasan pelindungan hak cipta. Penulis juga menjelaskan sanksi hukum yang berlaku dalam kasus pelanggaran hak cipta, khususnya dalam konteks penggunaan komersial dan tanpa izin pemegang hak cipta. Dengan pendekatan yang praktis dan akademis, buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan strategi bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan, serta peneliti dalam meningkatkan disiplin siswa sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Buku ini juga menjadi referensi bagi masyarakat umum yang ingin memahami pentingnya pendidikan dan perlindungan hak intelektual dalam masyarakat modern.
Pendidikan merupakan kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia dan telah ada sepanjang peradaban manusia Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha manusia melestarikan hidupnya Pada era globalisasi dan percepatan arus informasi dewasa ini pendidikan menjadi sangat penting karena telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan bahkan telah mengikis nilai nilai spiritual sehingga membuat masyarakat kehilangan identitas terasing atau alienasi dari diri lingkungan dan nilai nilai moral yang dianutnya Dalam hal ini pendidikan dihadapkan pada masalah yang sangat mendasar Di satu sisi dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi wahana untuk mengembangkan potensi siswa atau peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Di sisi lain kondisi masyarakat yang kurang baik dan media massa yang sering menayangkan berbagai suasana yang kurang sehat tidak menunjang terhadap pembentukan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan Banyak siswa yang beranggapan bahwa aturan kedisiplinan yang diberlakukan di sekolah hanya diterapkan pada siswa saja serta hanya membebani siswa Kebanyakan siswa tidak memahami akan pentingnya kedisiplinan yang diberlakukan bagi mereka sehingga mereka merasa terbebani dan sulit mengikuti aturan aturan yang berlaku di sekolah Jika siswa memahami akan pentingnya kedisiplinan maka siswa tidak akan terbebani bahkan siswa akan senang mengikuti aturan tersebut Sebenarnya aturan itu dibuat yaitu agar siswa mempunyai sikap dan perilaku yang baik serta patuh dengan aturan yang ditetapkan Seorang guru harus bisa menerapkan kedisiplinan bagi dirinya serta anak didiknya dan seorang guru harus bisa memberikan contoh yang baik serta mampu menerapkan kedisiplinan Jika seorang guru tidak mampu menerapkan disiplin dengan baik maka tidak akan berhasil kedisiplinan itu diterapkan pada siswa Maka dari itu guru merupakan tolok ukur terciptanya kedisiplinan bagi siswa yang harus mampu menerapkan kedisiplinan dengan baik baik dalam kegiatan pembelajaran ataupun dalam perilaku siswa
Jumlah Halaman | 43 |
---|---|
Kategori | Psikologi |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-02-1537-7 |
eISBN | 978-623-02-1632-9 |