Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi merumuskan langkah langkah solusi kemudian melakukan refleksi terhadap solusi dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK Menurut Depdiknas 2003 3 PTK adalah peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan Menurut Suharsimi Arikunto 2006 3 PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi Dalam pelaporan Penelitian Tindakan kelas umumnya terdiri dari 5 BAB yakni Bab I tentang Pendahuluan Bab II tentang Kajian teori Bab III tentang metode penelitian Bab IV tentang pelaksanaan penelitian dan bab V penutup Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi merumuskan langkah langkah solusi kemudian melakukan refleksi terhadap solusi dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK Menurut Depdiknas 2003 3 PTK adalah ...peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan Menurut Suharsimi Arikunto 2006 3 PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi Dalam pelaporan Penelitian Tindakan kelas umumnya terdiri dari 5 BAB yakni Bab I tentang Pendahuluan Bab II tentang Kajian teori Bab III tentang metode penelitian Bab IV tentang pelaksanaan penelitian dan bab V penutup