Logo Bacabuku
Keterampilan Proses Sains Dalam Praktikum IPA Biologi

Keterampilan Proses Sains Dalam Praktikum IPA Biologi

Dewi Fitrianti
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keterampilan proses sains dalam praktikum IPA Biologi, yang merupakan bagian penting dari pembelajaran sains di tingkat sekolah. Buku ini berisi hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis, Dewi Fitrianti, dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains yang dimiliki oleh siswa melalui kegiatan praktikum IPA Biologi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap proses sains, seperti mengamati, merumuskan pertanyaan, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Keterampilan ini merupakan kompetensi inti dalam pembelajaran sains yang sangat penting untuk dikembangkan agar siswa mampu berpikir kritis dan mandiri dalam memahami fenomena alam. Buku ini juga menyajikan latar belakang penelitian, setting penelitian, karakteristik subjek, faktor yang diteliti, jenis penelitian, serta sumber data yang digunakan. Selain itu, buku ini juga menyertakan analisis situasi penelitian dan hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian tindakan kelas tersebut. Buku ini ditujukan bagi para guru IPA, baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah, sebagai referensi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA yang lebih efektif dan berbasis keterampilan proses sains. Dengan memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai, para guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswanya dalam berpikir ilmiah dan berkomunikasi secara ilmiah. Dengan harapan agar buku ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi dalam dunia pendidikan, penulis menyampaikan terima kasih dan terbuka terhadap saran serta kritik yang konstruktif dari pembaca.

Sinopsis ebook

Kondisi prihatin terhadap hasil survei melalui tes keterampilan proses sains secara tertulis yang dilakukan pada siswa SMP kelas VIII saat pembelajaran IPA biologi telah ditemukan Kondisi memprihatinkan itu menunjukan bahwa siswa belum memiliki profil keterampilan proses sains dasar yang baik Padahal tuntutan output siswa kelas VIII diharapkan telah memiliki keterampilan proses sains dasar Karena keterampilan proses sains dasar dalam pembelajaran IPA telah disampaikan di kelas VII dalam materi metode ilmiah Metode ilmiah sangat diperlukan untuk mempelajari fenomena gejala alam sebagai prasyarat pengetahuan dalam memahami fenomena gejala dan proses mekanisme yang terjadi khusunya pada materi IPA Biologi kelas VIII terkait struktur dan fungsi sistem organ tubuh manusia dan tumbuhan Buku ini diangkat dari hasil penelititan tindakan kelas sebelum bergulirnya pemberlakuan pelaksanaan Kurikulum 2013 Hal ini menunjukan betapa pentingnya dunia pendidikan terus melakukan pembaruan Pembaruan tersebut dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat yang sudah semakin tajam mengkritisi proses pendidikan Bagaimana proses pembelajaran waktu itu Bagaimana hasil pembelajarannya melalui penelitian yang dilakukan Dan sumbangsih apa yang dapat diberikan untuk penulisan penelitian selanjutnya Tidaklah mudah untuk membelajarkan keterampilan proses sains kepada siswa Padahal keterampilan proses sains adalah salah satu keterampilan krusial yang harus dikuasai siswa dalam setiap mata pelajaran IPA khususnya bahkah seluruh mata pelajaran di SMP Bagaimana guru membelajarkan keterampilan proses sains ini di kelas Buku ini adalah pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai pilihan referensi Anda

Detail Buku

Jumlah Halaman 84
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Cipta Media Edukasi
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-478-720-2
eISBN
Keterampilan Proses Sains Dalam Praktikum IPA Biologi

Keterampilan Proses Sains Dalam Praktikum IPA Biologi

Dewi Fitrianti