Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam profesi keguruan, khususnya dalam upaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam pembelajaran. Dalam bagian pertama, buku ini menjelaskan konsep dasar profesi keguruan, termasuk pengertian dan syarat-syarat profesi, perkembangan profesi keguruan, serta pentingnya kode etik dan keterampilan dalam pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan materi, bertanya, memberikan penguatan, serta mengelola kelas secara efektif. Di bagian kedua, buku ini berfokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Buku ini menjelaskan bagaimana konsep matematika dapat dipahami siswa melalui pendekatan konstruktivis, yang menekankan pada pembelajaran aktif dan keterlibatan siswa. Selain itu, buku ini juga membahas metode pembelajaran remedial melalui tutor sebaya sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa yang kesulitan. Terakhir, buku ini menjelaskan tentang pendidikan matematika realistik sebagai pendekatan yang mengintegrasikan konteks nyata dalam pembelajaran matematika, sehingga meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan mendalam, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru dan calon guru dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilan profesional mereka.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam profesi keguruan, khususnya dalam upaya meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam pembelajaran. Dalam bagian pertama, buku ini menjelaskan konsep dasar profesi keguruan, termasuk pengertian dan syarat-syarat profesi, perkembangan profesi keguruan, serta pentingnya kode etik dan keterampilan dalam pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan materi, bertanya, memberikan penguatan, serta mengelola kelas secara efektif. Di bagian kedua, buku ini berfokus pada pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Buku ini menjelaskan bagaimana konsep matematika dapat dipahami siswa melalui pendekatan konstruktivis, yang menekankan pada pembelajaran aktif dan keterlibatan siswa. Selain itu, buku ini juga membahas metode pembelajaran remedial melalui tutor sebaya sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa yang kesulitan. Terakhir, buku ini menjelaskan tentang pendidikan matematika realistik sebagai pendekatan yang mengintegrasikan konteks nyata dalam pembelajaran matematika, sehingga meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Dengan berbagai topik yang disajikan secara terstruktur dan mendalam, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para guru dan calon guru dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilan profesional mereka.
Jumlah Halaman | 272 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Media Nusa Creative |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-462-239-8 |
eISBN |