Buku ini terdiri dari lima bab sebagai berikut Bab satu membahas definisi guru peranan dan kompetensi yang harus dimiliki guru Bab dua berisi bahasan tentang pembelajaran sebagai suatu sistem hubungan antarkomponen sistem dan rencana pelaksanaan pembelajaran Bab tiga berisi sebelas keterampilan dasar dalam proses pembelajaran KDPP yaitu 1 Membuka Pembelajaran 2 Mengelola Kelas 3 Menjelaskan 4 bertanya 5 menggunakan media 6 menyikapi perbedaan individual siswa 7 memberi penguatan 8 memimpin diskusi kelas dan kelompok 9 melaksanakan pembelajaran dalam tim 10 mengadakan variasi pembelajaran 11 menutup kelas pembahasan mencakup prinsip dari setiap KDPP dan contoh kegiatan setiap KDPP Bab empat menguraikan bagaimana Keterampilan Dasar Proses Pembelajaran dilaksanakan Bab lima membahas penilaian Keterampilan Dasar Proses Pembelajaran Buku ini terdiri dari lima bab sebagai berikut Bab satu membahas definisi guru peranan dan kompetensi yang harus dimiliki guru Bab dua berisi bahasan tentang pembelajaran sebagai suatu sistem hubungan antarkomponen sistem dan rencana pelaksanaan pembelajaran Bab tiga berisi sebelas keterampilan dasar dalam proses pembelajaran KDPP yaitu ...1 Membuka Pembelajaran 2 Mengelola Kelas 3 Menjelaskan 4 bertanya 5 menggunakan media 6 menyikapi perbedaan individual siswa 7 memberi penguatan 8 memimpin diskusi kelas dan kelompok 9 melaksanakan pembelajaran dalam tim 10 mengadakan variasi pembelajaran 11 menutup kelas pembahasan mencakup prinsip dari setiap KDPP dan contoh kegiatan setiap KDPP Bab empat menguraikan bagaimana Keterampilan Dasar Proses Pembelajaran dilaksanakan Bab lima membahas penilaian Keterampilan Dasar Proses Pembelajaran