Dinamika perkembangan abad 21 seperti sekarang ini dalam masyarakat regional seperti MEA dan global yaitu program program yang menjadi kesepakan bersama masyarakat global seperti EFA ESD MDG serta perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan seperti ICT serta dampaknya dalam berbagai aspek kehidupan berdampak pada tuntutan kompetensi generasi muda saat ini Sehingga reformasi pembelajaran perlu dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan di era abad 21 ini Hal ini penting dilakukan terutama dengan diberlakukannya kurikulum 2013 yang menghendaki adanya pengembangan potensi guru dan siswa secara menyeluruh Sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman produktif kreatif inovatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan peradaban dunia maka pengembangan model pembelajaran diharapkan mampu menghasilkan siswa siswa yang diharapkan sesuai tujuan kurikulum tersebut Pembelajaran diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu berinteraksi sosial kemasyarakatan dengan lingkungan lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dapat dijadikan sumber pembelajaran Dinamika perkembangan abad 21 seperti sekarang ini dalam masyarakat regional seperti MEA dan global yaitu program program yang menjadi kesepakan bersama masyarakat global seperti EFA ESD MDG serta perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan seperti ICT serta dampaknya dalam berbagai aspek kehidupan berdampak pada tuntutan kompetensi generasi muda saat ...ini Sehingga reformasi pembelajaran perlu dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan di era abad 21 ini Hal ini penting dilakukan terutama dengan diberlakukannya kurikulum 2013 yang menghendaki adanya pengembangan potensi guru dan siswa secara menyeluruh Sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yaitu untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman produktif kreatif inovatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara dan peradaban dunia maka pengembangan model pembelajaran diharapkan mampu menghasilkan siswa siswa yang diharapkan sesuai tujuan kurikulum tersebut Pembelajaran diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu berinteraksi sosial kemasyarakatan dengan lingkungan lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dapat dijadikan sumber pembelajaran