Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya keselamatan pasien dalam lingkungan rumah sakit sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Buku ini menjelaskan dampak dari kelalaian dalam pelayanan kesehatan, serta berbagai faktor penyebab kelalaian tersebut. Penulis juga menyajikan solusi dan pencegahan terhadap masalah keselamatan pasien, termasuk peran penting dari PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) dan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam upaya preventif dan kuratif keselamatan pasien. Buku ini menjelaskan indikator Standar Pelayanan Minimal di rumah sakit, masalah *medication error*, serta pentingnya tim keselamatan pasien (Tim KPP-RS) dalam menjaga kualitas pelayanan. Selain itu, buku ini juga menekankan peran kepemimpinan dan komunikasi dalam pemberian *quality assurance* yang optimal di rumah sakit. Dalam rangka peningkatan keselamatan pasien, buku ini juga membahas efektivitas kepemimpinan, komunikasi dalam keselamatan pasien, serta komunikasi SBAR sebagai alat pendukung dalam proses pelayanan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, tenaga kesehatan, dan pihak terkait dalam bidang pelayanan kesehatan, serta menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik medis. Dengan penyajian kasus yang relevan dan rasional, buku ini menjadi panduan praktis dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien dan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
Keselamatan Pasien di Rumah sakit merupakan unsur penting guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit sebagai bentuk implementasi dan refleksi sentuhan hasil kompetensi tenaga kesehatan ketersediaan sarana prasarana layanan serta sistem manajemen dan administrasi dalam siklus pelayanan terhadap pasien Bila bentuk keselamatan pasien hanya sering dianggap sebagai sebuah takdir yang tidak bisa dihindari sehingga mindset pasien dan keluarga serta tenaga kesehatan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan medis sudah tidak lagi menjadi krusial untuk terus menerus diperbaharui Keterbatasan fasilitas minimnya tenaga kesehatan seperti dokter ahli dan sebagainya financial ability government policy menjadivariasi argumentasi yang berusaha menutupi kekurangan mutu pelayanan yang seharusnya diterima secara optimal Dalam buku ini akan menjelaskan pentingnya keselamatan pasien dampak akibat kelalaian yang dilakukan sistem manajemen pengendalian keselamatan pasien serta hasil hasil penelitian terkait faktor penyebab kelalaian tersebut serta solusi dalam pencegahan keselamatan pasien
Jumlah Halaman | 162 |
---|---|
Kategori | Kesehatan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-602-401-030-0 |
eISBN | 978-623-209-482-6 |