Dalam suatu tata kelola organisasi perusahaan maupun lembaga sekretaris memegang suatu peranan penting dan merupakan salah satu sumber daya yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan organisasi perusahaan ataupun lembaga Beberapa fungsi gabungan yang menjadi tanggung jawab seorang sekretaris adalah bagian dari proses manajemen yang tidak dapat terhindarkan Sebab manajemen kesekretarisan itu sendiri merupakan proses mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak pimpinan Secara gamblangnya tugas seorang sekretaris adalah membantu kelancaran tugas pimpinan agar berjalan efektif dan efisien Oleh karena itulah tidak berlebihan kiranya bila manajemen kesekretarisan disebut sebagai penyokong tulang punggung perusahaan Dalam suatu tata kelola organisasi perusahaan maupun lembaga sekretaris memegang suatu peranan penting dan merupakan salah satu sumber daya yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan organisasi perusahaan ataupun lembaga Beberapa fungsi gabungan yang menjadi tanggung jawab seorang sekretaris adalah bagian dari proses manajemen yang tidak dapat terhindarkan Sebab manajemen kesekretarisan ...itu sendiri merupakan proses mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak pimpinan Secara gamblangnya tugas seorang sekretaris adalah membantu kelancaran tugas pimpinan agar berjalan efektif dan efisien Oleh karena itulah tidak berlebihan kiranya bila manajemen kesekretarisan disebut sebagai penyokong tulang punggung perusahaan