Sinopsis Buku: Buku *Kesadaran Lingkungan Siswa* ini merupakan karya Yanti Dasrita, yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA). Buku ini menggabungkan teori dan praktik dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menjelaskan pentingnya pendidikan lingkungan hidup sebagai upaya mendorong kepedulian, komitmen, dan sikap positif terhadap lingkungan. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama. Bagian I membahas kondisi dan permasalahan lingkungan di sekolah, termasuk isu seperti pencemaran lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim, dan kerusakan ekosistem. Bagian II menyajikan teori-teori dasar yang mendukung studi kesadaran lingkungan, seperti teori kesadaran lingkungan, teori lingkungan hidup dan pendidikan, teori sikap dan perilaku lingkungan, serta teori kultur sekolah. Bagian III mengupas faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran lingkungan siswa SMA, seperti pengaruh pengetahuan, sikap, dan perilaku lingkungan. Terakhir, Bagian IV menjelaskan model penyadaran lingkungan siswa SMA serta upaya rekayasa kesadaran lingkungan yang dapat dilakukan. Selain itu, buku ini juga menghadirkan hasil penelitian tentang kesadaran lingkungan siswa SMA, serta tinjauan kesadaran lingkungan siswa berdasarkan wilayah tempat tinggal dan kultur sekolah. Buku ini menjadi sumber literatur yang relevan bagi siswa, guru, dan peneliti yang tertarik pada pendidikan lingkungan dan upaya peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan muda. Dengan penjelasan yang jelas, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis dalam membangun kebiasaan hidup yang ramah lingkungan.
Sinopsis Buku: Buku *Kesadaran Lingkungan Siswa* ini merupakan karya Yanti Dasrita, yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA). Buku ini menggabungkan teori dan praktik dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menjelaskan pentingnya pendidikan lingkungan hidup sebagai upaya mendorong kepedulian, komitmen, dan sikap positif terhadap lingkungan. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama. Bagian I membahas kondisi dan permasalahan lingkungan di sekolah, termasuk isu seperti pencemaran lingkungan, pemanasan global, perubahan iklim, dan kerusakan ekosistem. Bagian II menyajikan teori-teori dasar yang mendukung studi kesadaran lingkungan, seperti teori kesadaran lingkungan, teori lingkungan hidup dan pendidikan, teori sikap dan perilaku lingkungan, serta teori kultur sekolah. Bagian III mengupas faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran lingkungan siswa SMA, seperti pengaruh pengetahuan, sikap, dan perilaku lingkungan. Terakhir, Bagian IV menjelaskan model penyadaran lingkungan siswa SMA serta upaya rekayasa kesadaran lingkungan yang dapat dilakukan. Selain itu, buku ini juga menghadirkan hasil penelitian tentang kesadaran lingkungan siswa SMA, serta tinjauan kesadaran lingkungan siswa berdasarkan wilayah tempat tinggal dan kultur sekolah. Buku ini menjadi sumber literatur yang relevan bagi siswa, guru, dan peneliti yang tertarik pada pendidikan lingkungan dan upaya peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan muda. Dengan penjelasan yang jelas, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis dalam membangun kebiasaan hidup yang ramah lingkungan.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5764-82-0 |
eISBN |