Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Perilaku Kerja Inovatif Guru* di SMA Katolik di Kota Manado, dengan fokus pada pengaruh tiga variabel utama yaitu: *Kepemimpinan Keteladanan Kepala Sekolah*, *Iklim Kreatif Sekolah*, dan *Kepercayaan Kolektif Guru* terhadap perilaku kerja inovatif guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana faktor-faktor tersebut berkontribusi dalam meningkatkan inovasi dalam proses belajar mengajar, terutama dalam konteks pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat situasi pandemi. Dalam bab tinjauan teoretis, buku ini menjelaskan konsep dasar tentang perilaku kerja inovatif guru, serta landasan teori terkait kepemimpinan keteladanan, iklim kreatif sekolah, dan kepercayaan kolektif guru. Selanjutnya, bab penelitian terdahulu memberikan gambaran mengenai studi-studi sebelumnya yang relevan, sementara bab kerangka berpikir dan hipotesis mengarahkan penelitian ini ke arah pengujian hubungan antara variabel-variabel yang disebutkan. Hasil penelitian dan pembahasan menyajikan analisis deskriptif dan inferensial yang menunjukkan pengaruh signifikan dari kepemimpinan keteladanan kepala sekolah, iklim kreatif sekolah, dan kepercayaan kolektif guru terhadap perilaku kerja inovatif guru. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana lingkungan sekolah dan kepemimpinan dapat menjadi pengaruh utama dalam mendorong inovasi guru, yang merupakan kunci untuk memastikan relevansi dan efektivitas pembelajaran di tengah tantangan baru seperti pembelajaran jarak jauh.
Guru memainkan peran yang penting untuk memastikan efektivitas sistem pembelajaran Perilaku kerja inovatif guru memainkan peran yang penting dalam meningkatkan kinerja sekolah dan harus menjadi perhatian utama guru
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2023 |
ISBN | 978-623-8227-14-3 |
eISBN | proses |