Kepemimpinan transformasional memiliki peran penting untuk mengembangkan kelembagaan pendidikan Pun di pesantren kepe mimpinan ini menempati posisi esensial yang mewarnai seluruh dinamika kependidikan serta mendinamisasikan perubahan terutama pada situasi yang transisional Dimensi abstrakta seperti visi dan misi kelembagaan dapat diwujudkan secara konkreta dengan tetap berpijak pada nilai nilai spiritual Gaya kepemimpinan yang demikian di pesantren hanya mampu diaplikasikan oleh kiai bidimensional yaitu sosok kiai yang memiliki orientasi keduniawian sekaligus keakhiratan Perilakunya senantiasi dihiasi oleh tiga pilar etika profetik sepert i humanisasi liberasi dan transendensi Lazim apabila gaya kepemimpinan kiai terse but merekonstruksi teori James McGregor Burns dari Four I S Transformational Leadership menjadi Five I S Prophetic Transforma tional Leadership Dengan lugas penulis mengurai gaya kepemimpinan di pesantren menggunakan teori interaksionisme simbolik Sehingga makna gaya kepemimpinan pesantren bisa terungkap secara komprehensif Karenanya buku ini difokuskan untuk menjadi kajian utama bagi mahasiswa S 1 S 2 atau S 3 di bidang Manajemen Pendidikan Islam atau Kepemimpinan Pendidikan Islam Bagi peneliti konstruksi teori bisa menjadi kajian terdahulu atau pembanding untuk riset yang dilakukan Karenanya buku ini merupakan referensi normatif yang bersifat teoritik aplikatif dalam memimpin lembaga pendidikan Islam seperti pesantrenKepemimpinan transformasional memiliki peran penting untuk mengembangkan kelembagaan pendidikan Pun di pesantren kepe mimpinan ini menempati posisi esensial yang mewarnai seluruh dinamika kependidikan serta mendinamisasikan perubahan terutama pada situasi yang transisional Dimensi abstrakta seperti visi dan misi kelembagaan dapat diwujudkan secara konkreta dengan tetap berpijak pada nilai nilai spiritual Gaya kepemimpinan ...yang demikian di pesantren hanya mampu diaplikasikan oleh kiai bidimensional yaitu sosok kiai yang memiliki orientasi keduniawian sekaligus keakhiratan Perilakunya senantiasi dihiasi oleh tiga pilar etika profetik sepert i humanisasi liberasi dan transendensi Lazim apabila gaya kepemimpinan kiai terse but merekonstruksi teori James McGregor Burns dari Four I S Transformational Leadership menjadi Five I S Prophetic Transforma tional Leadership Dengan lugas penulis mengurai gaya kepemimpinan di pesantren menggunakan teori interaksionisme simbolik Sehingga makna gaya kepemimpinan pesantren bisa terungkap secara komprehensif Karenanya buku ini difokuskan untuk menjadi kajian utama bagi mahasiswa S 1 S 2 atau S 3 di bidang Manajemen Pendidikan Islam atau Kepemimpinan Pendidikan Islam Bagi peneliti konstruksi teori bisa menjadi kajian terdahulu atau pembanding untuk riset yang dilakukan Karenanya buku ini merupakan referensi normatif yang bersifat teoritik aplikatif dalam memimpin lembaga pendidikan Islam seperti pesantren