Bab Satu PENDAHULUAN Riset tentang kepemimpinan pendidikan menunjukkan bahwa kepemimpinan memegang peranan penting atau menjadi faktor utama yang mendorong kesuksesan upaya upaya reformasi sekolah Borko Wolf Simone Uchiyama 2003 Pada gilirannya ia juga menentukan pencapaian prestasi sekolah secara keseluruhan Hill 2002 Leithwood Riehl 2003 termasuk prestasi siswa sebagai fokus utama dalam sekolah Hill 2001 Hill Russel 1999 Leithwood Louis Anderson Wahlstrom 2004 Literatur literatur di atas menunjukkan bahwa hubungan antara kepemimpinan dan prestasi siswa bersifat tidak langsung Gurr Drysdale Natale Ford Hardy Swan 2003 Hubungan tersebut dimediasi oleh penciptaan kondisi kondisi sekolah yang mendukung Kondisi kondisi tersebut meliputi komitmen dan kapasitas anggota sekolah staf pengajar dan administrasi kultur sekolah keterlibatan siswa di sekolah dan keterlibatan para stakeholder yang lebih luas Geisjel Sleeger Leithwood Jantzi 2003 Yu Leithwood Jantzi 2002 Kondisi kondisi tersebut bersama sama memberikan kontribusi bagi keberhasilan siswa yang merupakan tujuan akhir keseluruhan proses sekolah Berangkat dari asumsi di atas belakangan ini telah banyak dilakukan studi tentang kepemimpinan di sekolah sekolah sukses 1Bab Satu PENDAHULUAN Riset tentang kepemimpinan pendidikan menunjukkan bahwa kepemimpinan memegang peranan penting atau menjadi faktor utama yang mendorong kesuksesan upaya upaya reformasi sekolah Borko Wolf Simone Uchiyama 2003 Pada gilirannya ia juga menentukan pencapaian prestasi sekolah secara keseluruhan Hill 2002 Leithwood Riehl 2003 termasuk prestasi siswa sebagai fokus utama dalam ...sekolah Hill 2001 Hill Russel 1999 Leithwood Louis Anderson Wahlstrom 2004 Literatur literatur di atas menunjukkan bahwa hubungan antara kepemimpinan dan prestasi siswa bersifat tidak langsung Gurr Drysdale Natale Ford Hardy Swan 2003 Hubungan tersebut dimediasi oleh penciptaan kondisi kondisi sekolah yang mendukung Kondisi kondisi tersebut meliputi komitmen dan kapasitas anggota sekolah staf pengajar dan administrasi kultur sekolah keterlibatan siswa di sekolah dan keterlibatan para stakeholder yang lebih luas Geisjel Sleeger Leithwood Jantzi 2003 Yu Leithwood Jantzi 2002 Kondisi kondisi tersebut bersama sama memberikan kontribusi bagi keberhasilan siswa yang merupakan tujuan akhir keseluruhan proses sekolah Berangkat dari asumsi di atas belakangan ini telah banyak dilakukan studi tentang kepemimpinan di sekolah sekolah sukses 1