Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, prinsip, dan karakteristik kepemimpinan dalam konteks pendidikan. Mulai dari definisi kepemimpinan, ciri-ciri, dan prinsip-prinsip dasar yang mendasari kepemimpinan, buku ini menjelaskan secara mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan serta mitologi yang terkait dengan peran seorang pemimpin. Selanjutnya, buku ini mengeksplorasi empat karakter kepemimpinan yang penting, termasuk ciri-ciri dan karakteristik kepemimpinan yang baik serta pemimpin yang efektif. Di bagian selanjutnya, buku ini menggali tentang kecerdasan dalam kepemimpinan, termasuk kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, yang menjadi aspek penting dalam membangun kepemimpinan yang kompeten dan berkelanjutan. Buku ini juga membahas keterampilan kepemimpinan, jenis-jenis keterampilan yang dibutuhkan, serta pentingnya pengembangan keterampilan ini dalam konteks kepemimpinan pendidikan. Selain itu, buku ini menyajikan isu gender dalam kepemimpinan, khususnya peran dan tantangan kepemimpinan perempuan, serta bagaimana kepemimpinan dapat diterapkan dalam masa krisis. Tidak kalah pentingnya, buku ini juga menyoroti kepemimpinan berbasis budaya, dengan fokus pada nilai-nilai budaya Huyula yang menjadi dasar dan integrasi dalam kepemimpinan kepala sekolah. Dengan demikian, buku ini memberikan wawasan yang holistik dan komprehensif tentang kepemimpinan pendidikan, baik dari aspek teoritis maupun praktis. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, pemimpin sekolah, dan semua pihak yang tertarik dalam pengembangan kepemimpinan dalam konteks pendidikan.
Uraian isi buku Kepemimpinan Pendidikan ini meliputi Bab I tentang Konsep Kepemimpinan Bab II tentang Teori Teori Kepemimpinan Bab III tentang Etika Kepemimpinan Bab IV tentang Karakter Kepemimpinan Bab V Kecerdasan Dalam Kepemimpinan Bab VI tentang
Jumlah Halaman | 90 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-02-3065-3 |
eISBN | 978-623-02-3091-2 |