Logo Bacabuku
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Teori dan Kebijakan

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Teori dan Kebijakan

Jejen Musfah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang teori, kebijakan, dan praktik kepemimpinan pendidikan di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Isi buku mencakup berbagai aspek penting terkait kepemimpinan pendidikan, seperti konsep pemimpin, gaya kepemimpinan, model kepemimpinan, kepemimpinan perempuan, etika kepemimpinan, manajemen konflik, dan kompetensi kepala sekolah. Selain itu, buku ini juga membahas pembentukan budaya sekolah, pelatihan kepala sekolah, pemilihan rektor, serta berbagai isu kepemimpinan pendidikan yang relevan dalam konteks era pandemi dan tantangan modern. Dalam bab khusus, buku ini mengupas peran kepala sekolah dalam era pandemi, efektivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ), dan fenomena rotasi kepala sekolah. Buku ini juga memberikan analisis terhadap isu-isu kepemimpinan pendidikan seperti pemilihan pemimpin pendidikan, kepala sekolah yang mundur secara massal, dan polemik pemilihan rektor. Informasi tersebut didukung oleh studi kasus nyata, seperti pemilihan rektor UIN Ar-Raniry Aceh tahun 2018–2022, serta hasil evaluasi program School for Principal (SPC) Sekolah Guru Indonesia (SGI). Buku ini menjadi sumber bacaan yang relevan bagi dosen, mahasiswa, pendiri yayasan, kepala sekolah, serta pimpinan perguruan tinggi yang ingin memahami dan menerapkan teori kepemimpinan pendidikan secara efektif. Pemahaman yang mendalam tentang teori dan kebijakan kepemimpinan pendidikan akan membantu mereka dalam menjalankan amanah kekuasaan sebagai pemimpin, sehingga dapat mengembangkan lembaga pendidikan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing.

Sinopsis ebook

Sebagai suatu organisasi lembaga pendidikan memerlukan tidak hanya seorang manajer untuk mengelola sumber daya lembaga pendidikan yang lebih banyak berkonsentrasi pada permasalahan anggaran dan persoalan administratif lainnya tetapi juga memerlukan pimpinan yang mampu menciptakan sebuah visi dan semua komponen individu yang terkait dengan lembaga pendidikan Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina membimbing mengarahkan dan menggerakkan orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemimpin perlu melakukan serangkaian kegiatan di antaranya mengarahkan orang orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya Dengan kata lain tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya Buku ini menyuguhkan teori kebijakan dan praktik kepemimpinan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi Di dalamnya dibahas konsep pemimpin gaya kepemimpinan model kepemimpinan kepemimpinan perempuan etika kepemimpinan manajemen konflik kompetensi kepala sekolah kepemimpinan kepala sekolah pembentukan budaya sekolah pelatihan kepala sekolah pemilihan rektor dan isu isu kepemimpinan pendidikan Pemahaman yang baik tentang teori kepemimpinan dapat membantu praktisi pendidikan dalam menjalankan amanah kekuasaan sebagai pemimpin sehingga mampu mengembangkan sekolah atau kampus yang unggul inovatif dan berdaya saing Kepemimpinan Pendidikan Teori dan Kebijakan disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester RPS mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Prodi Manajemen Administrasi Pendidikan baik S 1 S 2 maupun S 3 Karenanya buku ini sangat tepat menjadi rujukan utama bagi dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen Administrasi Pendidikan Di samping itu buku ini juga dapat dijadikan bacaan oleh pendiri dan pengurus yayasan kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi Sebagai suatu organisasi lembaga pendidikan memerlukan tidak hanya seorang manajer untuk mengelola sumber daya lembaga pendidikan yang lebih banyak berkonsentrasi pada permasalahan anggaran dan persoalan administratif lainnya tetapi juga memerlukan pimpinan yang mampu menciptakan sebuah visi dan semua komponen individu yang terkait dengan lembaga pendidikan Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina membimbing mengarahkan dan menggerakkan orang lain agar dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemimpin perlu melakukan serangkaian kegiatan di antaranya mengarahkan orang orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya Dengan kata lain tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya Buku ini menyuguhkan teori kebijakan dan praktik kepemimpinan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi Di dalamnya dibahas konsep pemimpin gaya kepemimpinan model kepemimpinan kepemimpinan perempuan etika kepemimpinan manajemen konflik kompetensi kepala sekolah kepemimpinan kepala sekolah pembentukan budaya sekolah pelatihan kepala sekolah pemilihan rektor dan isu isu kepemimpinan pendidikan Pemahaman yang baik tentang teori kepemimpinan dapat membantu praktisi pendidikan dalam menjalankan amanah kekuasaan sebagai pemimpin sehingga mampu mengembangkan sekolah atau kampus yang unggul inovatif dan berdaya saing Kepemimpinan Pendidikan Teori dan Kebijakan disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester RPS mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Prodi Manajemen Administrasi Pendidikan baik S 1 S 2 maupun S 3 Karenanya buku ini sangat tepat menjadi rujukan utama bagi dosen dan mahasiswa Prodi Manajemen Administrasi Pendidikan Di samping itu buku ini juga dapat dijadikan bacaan oleh pendiri dan pengurus yayasan kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi

Detail Buku

Jumlah Halaman 256
Kategori Pendidikan
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-384-263-1
eISBN 978-623-384-264-8
KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Teori dan Kebijakan

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: Teori dan Kebijakan

Jejen Musfah