Logo Bacabuku
Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi

Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi

Dr. Idayu Astuti, M.Pd
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah Inklusif yang Efektif*, yang berlandaskan pada prinsip keteladanan, kepedulian, kasih sayang, dan fleksibilitas. Buku ini ditulis oleh Dr. Idayu Astuti, M.Pd, yang memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan sekolah inklusi yang mampu melayani berbagai kebutuhan anak, baik yang berkebutuhan khusus maupun yang memiliki potensi kecerdasan istimewa. Dalam buku ini dijelaskan bahwa sekolah inklusi merupakan bentuk implementasi demokrasi pendidikan, yang mewujudkan kebersamaan dan penghargaan terhadap perbedaan. Di dalam sekolah inklusi, semua anak—baik yang normal maupun yang berhambatan belajar—dapat belajar bersama dalam satu lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan potensi setiap individu. Penulis juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menerapkan manajemen pembelajaran inklusif, seperti kurangnya pemahaman, keterbatasan jumlah guru pendidik khusus, serta rendahnya minat untuk membaca pedoman manajemen pendidikan inklusi. Buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan panduan bagi para pemimpin pendidikan dalam membangun sekolah inklusif yang efektif, sehingga dapat memberikan pendidikan berkualitas bagi semua anak, sejalan dengan visi dan misi pendidikan inklusif yang diamanatkan oleh *Education for All* (Unesco, 1994).

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah Inklusif yang Efektif*, yang berlandaskan pada prinsip keteladanan, kepedulian, kasih sayang, dan fleksibilitas. Buku ini ditulis oleh Dr. Idayu Astuti, M.Pd, yang memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan sekolah inklusi yang mampu melayani berbagai kebutuhan anak, baik yang berkebutuhan khusus maupun yang memiliki potensi kecerdasan istimewa. Dalam buku ini dijelaskan bahwa sekolah inklusi merupakan bentuk implementasi demokrasi pendidikan, yang mewujudkan kebersamaan dan penghargaan terhadap perbedaan. Di dalam sekolah inklusi, semua anak—baik yang normal maupun yang berhambatan belajar—dapat belajar bersama dalam satu lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan potensi setiap individu. Penulis juga menyoroti tantangan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menerapkan manajemen pembelajaran inklusif, seperti kurangnya pemahaman, keterbatasan jumlah guru pendidik khusus, serta rendahnya minat untuk membaca pedoman manajemen pendidikan inklusi. Buku ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan panduan bagi para pemimpin pendidikan dalam membangun sekolah inklusif yang efektif, sehingga dapat memberikan pendidikan berkualitas bagi semua anak, sejalan dengan visi dan misi pendidikan inklusif yang diamanatkan oleh *Education for All* (Unesco, 1994).

Detail Buku

Jumlah Halaman 180
Kategori Ensiklopedi
Penerbit Bayu Media
Tahun Terbit 2011
ISBN 978-602-9136-11-1
eISBN
Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi

Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi

Dr. Idayu Astuti, M.Pd