Munculnya sekolah unggul menunjukkan bahwa lembaga lembaga pendidikan sudah membuka diri dan akomodatif terhadap aspirasi dan tuntutan masyarakat Lebih jauh lagi bahwa munculnya lembaga lembaga itu tidak lepas dari peran para praktisi pendidikan terutama kepala sekolah dalam mengkondisikan model pendidikan yang memenuhi aspirasi masyarakat Buku ini mengupas tentang berbagai kriteria dan hal hal pokok tentang kepemimpinan yang berbasis budaya adaptif dan kolaboratif Diharapkan hadirnya buku ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan pada khususnya dapat dijadikan pedoman keilmuan tentang model kepemimpinan adaptif dan budaya kolaboratif kepala sekolah dalam menciptakan sekolah unggul pada era digital serta dapat dikembangkan sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi sekolah Munculnya sekolah unggul menunjukkan bahwa lembaga lembaga pendidikan sudah membuka diri dan akomodatif terhadap aspirasi dan tuntutan masyarakat Lebih jauh lagi bahwa munculnya lembaga lembaga itu tidak lepas dari peran para praktisi pendidikan terutama kepala sekolah dalam mengkondisikan model pendidikan yang memenuhi aspirasi masyarakat Buku ini mengupas tentang berbagai kriteria dan ...hal hal pokok tentang kepemimpinan yang berbasis budaya adaptif dan kolaboratif Diharapkan hadirnya buku ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan pada khususnya dapat dijadikan pedoman keilmuan tentang model kepemimpinan adaptif dan budaya kolaboratif kepala sekolah dalam menciptakan sekolah unggul pada era digital serta dapat dikembangkan sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi sekolah