Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan peran kepala sekolah dalam era digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan sekolah dasar negeri. Dalam konteks otonomi daerah yang diatur dalam UU No. 22 Tahun 1999 dan UU No. 32 Tahun 2004, sekolah dasar negeri diberikan kewenangan lebih besar dalam pengelolaan pendidikan, termasuk dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan. Namun, tantangan terutama terjadi dalam penerapan aturan jumlah siswa per rombel yang seharusnya maksimal 28 siswa, namun masih banyak sekolah yang melanggarnya. Selain itu, keterbatasan jumlah guru dan tenaga kependidikan, serta kebijakan pemerintah daerah yang tidak tegas, menjadi faktor yang memengaruhi kinerja sekolah dasar negeri. Buku ini juga menyoroti pentingnya kematangan literasi dan kesiapan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan di era digital, serta peran aktif masyarakat dan warga sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penulis mengajak kepala sekolah untuk terus belajar, beradaptasi, dan menjadi manajer pendidikan yang mampu memimpin perubahan demi kualitas pendidikan yang lebih baik. Buku ini menjadi panduan praktis bagi kepala sekolah dalam menghadapi tantangan baru di era digital.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tantangan dan peran kepala sekolah dalam era digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan sekolah dasar negeri. Dalam konteks otonomi daerah yang diatur dalam UU No. 22 Tahun 1999 dan UU No. 32 Tahun 2004, sekolah dasar negeri diberikan kewenangan lebih besar dalam pengelolaan pendidikan, termasuk dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan. Namun, tantangan terutama terjadi dalam penerapan aturan jumlah siswa per rombel yang seharusnya maksimal 28 siswa, namun masih banyak sekolah yang melanggarnya. Selain itu, keterbatasan jumlah guru dan tenaga kependidikan, serta kebijakan pemerintah daerah yang tidak tegas, menjadi faktor yang memengaruhi kinerja sekolah dasar negeri. Buku ini juga menyoroti pentingnya kematangan literasi dan kesiapan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan di era digital, serta peran aktif masyarakat dan warga sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penulis mengajak kepala sekolah untuk terus belajar, beradaptasi, dan menjadi manajer pendidikan yang mampu memimpin perubahan demi kualitas pendidikan yang lebih baik. Buku ini menjadi panduan praktis bagi kepala sekolah dalam menghadapi tantangan baru di era digital.
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Novel |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-215-663-0 |
eISBN |