Kepala madrasah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnya Keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita cita terbaik madrasahnya Tinggi rendahnya mutu suatu madrasah akan dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala madrasah Pusat pengembangan tenaga kependidikan sedang menyiapkan tiga pilar sistem pembinaan dan pengembangan kepala madrasah sekolah yaitu 1 Uji kompetensi kepala madrasah 2 Penilaian kinerja kepala madrasah dan 3 Pengembangan keprofesian berkelanjutan Hasil penilaian uji kompetensi maupun penilaian kinerja menjadi dasar untuk menentukan sistem pelayanan pengembangan keprofesian berkelanjutan Di samping itu penilaian kinerja kepala madrasah juga bisa digunakan oleh pihak pihak terkait untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan madrasah Jadi penilaian kinerja kepala madrasah merupakan bagian dari proses untuk meyakinkan semua pihak bahwa setiap kepala madrasah adalah seorang yang profesional Hasil dari upaya pemetaan mutu pada tiga pilar ini berimplikasi terhadap sistem penghargaan bagi kepala madrasah sekolah baik dalam bentuk angka kredit maupun untuk melanjutkan kariernya sebagai kepala madrasah sehingga mendapat penghargaan untuk berperan sebagai kepala sekolah madrasah dalam beberapa periode Kepala madrasah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnya Keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita cita terbaik madrasahnya Tinggi rendahnya mutu suatu madrasah akan dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala madrasah Pusat pengembangan tenaga kependidikan sedang menyiapkan tiga pilar sistem pembinaan dan pengembangan kepala madrasah ...sekolah yaitu 1 Uji kompetensi kepala madrasah 2 Penilaian kinerja kepala madrasah dan 3 Pengembangan keprofesian berkelanjutan Hasil penilaian uji kompetensi maupun penilaian kinerja menjadi dasar untuk menentukan sistem pelayanan pengembangan keprofesian berkelanjutan Di samping itu penilaian kinerja kepala madrasah juga bisa digunakan oleh pihak pihak terkait untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan madrasah Jadi penilaian kinerja kepala madrasah merupakan bagian dari proses untuk meyakinkan semua pihak bahwa setiap kepala madrasah adalah seorang yang profesional Hasil dari upaya pemetaan mutu pada tiga pilar ini berimplikasi terhadap sistem penghargaan bagi kepala madrasah sekolah baik dalam bentuk angka kredit maupun untuk melanjutkan kariernya sebagai kepala madrasah sehingga mendapat penghargaan untuk berperan sebagai kepala sekolah madrasah dalam beberapa periode