Sinopsis Buku: Buku ini membahas kemampuan menulis narasi siswa di Sekolah Dasar, dengan fokus pada tiga variabel utama yang memengaruhi kemampuan tersebut, yaitu regulasi diri, kecemasan, dan kemampuan membaca pemahaman. Penulis membahas hakikat kemampuan menulis, proses menulis, manfaat menulis, serta berbagai aspek penilaian dalam menulis narasi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hakikat, proses, dan penilaian kemampuan membaca pemahaman, yang merupakan dasar penting dalam pengembangan kemampuan menulis. Dalam bab khusus, penulis menguraikan implementasi pembelajaran menulis yang efektif, dengan mengintegrasikan variabel-variabel yang telah disebutkan. Buku ini merupakan hasil penelitian yang mendalam dan didukung oleh teori-teori nasional dan internasional, serta memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan pelaku pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.
Kemampuan menulis merupakan aspek berbahasa yang tidak dapat dipisahkan dari aspek lain dalam proses belajar Siswa harus memiliki kemampuan menulis untuk membuktikan penguasaan sejumlah informasi dalam bentuk tertulis yang dibutuhkan pada semua mata pelajaran Namun kegiatan menulis merupakan kemampuan yang sukar diinternalisasi oleh siswa Kemampuan menulis narasi perlu dibiasakan oleh guru dan siswa agar terlatih untuk menghasilkan teks narasi yang baik Pada buku ini dipaparkan kesulitan siswa dalam menulis bagaimana penilaian kemampuan menulis narasi dan upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui regulasi diri kecemasan dan kemampuan membaca pemahaman
Jumlah Halaman | 113 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-338-111-6 |
eISBN | 978-623-338-112-3 |