2018 Putri 2018 Sumintak S Idi A 2022 Relasi yang tidak seimbang dapat terjadi karena pelaku kekerasan memiliki fisik yang lebih kuat atau secara sosial memiliki wewenang dan struktur hierarki lebih tinggi atau juga merasa lebih superior sehingga mampu mendominasi korbannya Buku ini berupaya untuk mengidentifikasi dan mengkaji berbagai bentuk kekerasan di sekolah serta menawarkan pemikiran pemikiran konstruktif untuk mengeliminasi terjadinya kekerasan dalam perspektif sosiologi pendidikan Upaya untuk menggali akar penyebab kekerasan serta menyelidiki peran iklim dan budaya akademik di sekolah juga dibahas di dalam buku ini Dua hasil penelitian penulis tentang kekerasan di sekolah Budirahayu T dkk 2016 dan eksploitasi ekonomi yang dialami siswa di Sekolah Selamat Pagi Indonesia Kota Batu Jawa Timur Wijayanti M Budirahayu T Susan N 2019 menjadi pijakan dalam penulisan buku Tujuan utama penulisan buku adalah memetakan berbagai bentuk kekerasan dan menyusun skala atau indeks kekerasan berdasarkan persepsi siswa Kajian lain yang diketengahkan adalah memaparkan faktor faktor yang dapat memengaruhi terjadinya kekerasan di sekolah khususnya berkaitan dengan iklim dan budaya akademik serta pola interaksi yang dapat dikembangkan untuk mencegah terjadinya kekerasan antarwarga di sekolah Sebagai upaya untuk memberikan sumbangan pemikiran dan solusi dalam mengatasi berbagai bentuk kekerasan di sekolah maka disajikan pula pemikiran tentang model penanganan konflik dan kekerasan melalui konsep pendidikan perdamaian peace education Melalui pendidikan perdamaian maka dapat dikonstruksikan secara utuh model budaya akademik yang humanis Dua strategi digunakan dalam penyusunan buku Pertama menampilkan hasil penelitian empiris tentang kekerasan yang dialami siswa di jenjang Sekolah Menengah Atas di empat kota kabupaten di Jawa Timur yaitu Surabaya Malang Pasuruan dan Bangkalan Strategi kedua mengkaji berbagai hasil studi yang berkaitan dengan fokus dan permasalahan yang diajukan di bagian awal buku ini 2 Kekerasan di Sekolah Dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan2018 Putri 2018 Sumintak S Idi A 2022 Relasi yang tidak seimbang dapat terjadi karena pelaku kekerasan memiliki fisik yang lebih kuat atau secara sosial memiliki wewenang dan struktur hierarki lebih tinggi atau juga merasa lebih superior sehingga mampu mendominasi korbannya Buku ini berupaya untuk mengidentifikasi dan mengkaji berbagai bentuk kekerasan ...di sekolah serta menawarkan pemikiran pemikiran konstruktif untuk mengeliminasi terjadinya kekerasan dalam perspektif sosiologi pendidikan Upaya untuk menggali akar penyebab kekerasan serta menyelidiki peran iklim dan budaya akademik di sekolah juga dibahas di dalam buku ini Dua hasil penelitian penulis tentang kekerasan di sekolah Budirahayu T dkk 2016 dan eksploitasi ekonomi yang dialami siswa di Sekolah Selamat Pagi Indonesia Kota Batu Jawa Timur Wijayanti M Budirahayu T Susan N 2019 menjadi pijakan dalam penulisan buku Tujuan utama penulisan buku adalah memetakan berbagai bentuk kekerasan dan menyusun skala atau indeks kekerasan berdasarkan persepsi siswa Kajian lain yang diketengahkan adalah memaparkan faktor faktor yang dapat memengaruhi terjadinya kekerasan di sekolah khususnya berkaitan dengan iklim dan budaya akademik serta pola interaksi yang dapat dikembangkan untuk mencegah terjadinya kekerasan antarwarga di sekolah Sebagai upaya untuk memberikan sumbangan pemikiran dan solusi dalam mengatasi berbagai bentuk kekerasan di sekolah maka disajikan pula pemikiran tentang model penanganan konflik dan kekerasan melalui konsep pendidikan perdamaian peace education Melalui pendidikan perdamaian maka dapat dikonstruksikan secara utuh model budaya akademik yang humanis Dua strategi digunakan dalam penyusunan buku Pertama menampilkan hasil penelitian empiris tentang kekerasan yang dialami siswa di jenjang Sekolah Menengah Atas di empat kota kabupaten di Jawa Timur yaitu Surabaya Malang Pasuruan dan Bangkalan Strategi kedua mengkaji berbagai hasil studi yang berkaitan dengan fokus dan permasalahan yang diajukan di bagian awal buku ini 2 Kekerasan di Sekolah Dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan