Sinopsis Buku: Buku ini membahas kebijakan pendidikan menengah dalam perspektif *governance* di Indonesia. Penulis, Dr. Muhammad Ali, M.Si, menjelaskan bahwa pendidikan menengah merupakan bagian penting dari sistem pendidikan nasional yang harus dikelola secara efektif dan bertanggung jawab. Tujuan utama dari kebijakan ini adalah untuk memastikan bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing secara global sejak dini, melalui penguatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang unggul dan berkompeten. Buku ini menguraikan konsep dan teori yang mendukung kebijakan pendidikan menengah dalam kerangka *governance*, yang melibatkan partisipasi aktif pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Penulis juga menekankan pentingnya pengembangan kebijakan pendidikan yang sistematis, berkelanjutan, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan nasional. Selain itu, buku ini juga menggambarkan upaya-upaya strategis untuk memperkuat sistem pendidikan menengah, sehingga mampu menciptakan sumberdaya manusia yang siap menghadapi tantangan dan perubahan di dunia yang semakin kompleks. Dengan pendekatan yang komprehensif dan berbasis teori, buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, pengambil kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan.
Buku ini merupakan bentuk kepedulian penulis terhadap Implementasi Kebijakan Publik di Indonesia salah satu diantaranya adalah implementasi kebijakan pendidikan menengah khususnya di satuan pendidikan seperti SMA Karena tulisan ini merupakan salah satu upaya penulis untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi pembangunan di setiap kabupaten dan kota di Indonesia dalam mengatasi permasalahan kebijakan publik khususnya bidang pendidikan Penulisan buku ini mengkaji beberapa aspek yang berhubungan dengan implementasi Kebijakan Pendidikan Menengah yaitu komunikasi sumberdaya disposisi dan struktur birokrasi yang diharapkan dapat memberikan implikasi positif dalam implementasi kebijakan pendidikan menengah Aspek aspek ini dibahas berdasarkan kaidah kaidah ilmiah yang telah ditetapkan dan pada akhirnya merekomendasikan sebuah model implementasi kebijakan pendidikan menengah yang berpihak kepada dunia pendidikan menengah berbasis governance