Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keajaiban model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam konteks pendidikan nasional, tujuan utama adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yang meliputi aspek iman, akal sehat, dan budi pekerti luhur. Kurikulum berperan penting dalam memberikan pedoman pembelajaran yang efektif, termasuk penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Model inkuiri, sebagai salah satu komponen pendekatan konstruktifistik, memiliki sejarah panjang dan merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada eksplorasi, pertanyaan, dan penemuan siswa. Buku ini menjelaskan bagaimana model inkuiri dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta kreativitas dan keterlibatan aktif dalam proses belajar-mengajar. Dengan pendekatan ini, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang keajaiban model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam konteks pendidikan nasional, tujuan utama adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yang meliputi aspek iman, akal sehat, dan budi pekerti luhur. Kurikulum berperan penting dalam memberikan pedoman pembelajaran yang efektif, termasuk penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Model inkuiri, sebagai salah satu komponen pendekatan konstruktifistik, memiliki sejarah panjang dan merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada eksplorasi, pertanyaan, dan penemuan siswa. Buku ini menjelaskan bagaimana model inkuiri dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta kreativitas dan keterlibatan aktif dalam proses belajar-mengajar. Dengan pendekatan ini, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Jumlah Halaman | 70 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-308-263-1 |
eISBN |